EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BERBASIS STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMK DIPONEGORO PURWOSARI

MUDDIN, MUHAMMAD IMAM (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BERBASIS STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMK DIPONEGORO PURWOSARI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman atau paksaan yang dilakukan seseorang atau kelompok orang dengan menggunakan perkataan atau perbuatan secara terus-menerus dan berulang. Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang kondusif, aman, dan nyaman terhadap perkembangan dan kegiatan belajar siswa. Perilaku bullying dapat membawa dampak terhadap berbagai kegiatan siswa di sekolah, baik itu bidang akademik maupun bidang sosial. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok berbasis strategi experiential learning dapat mengurangi bullying di SMK Diponegoro Purwosari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK Diponegoro Purwosari dengan jumlah populasi 66 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil 7 sampel. Metode penelitian menggunakan Pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan skala bullying. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cronbach, uji paired sample T-test dengan bantuan SPSS 2.9. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan hasil posttest, dengan rata-rata pretest 177,4 dan hasil rata-rata posttest 132,3, perbandingan antara hasil persentase siswa sebelum dan sesudah mendapatkan treatment sebanyak rata-rata 45,1. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ditemukan perbedaan signifikan dengan adanya penerapan layanan konseling kelompok berbasis strategi experiential learning efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa SMK Diponegoro Purwosari.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, Konseling Kelompok, Experiential Learning.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Muhammad Imam Muddin
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:18
Last Modified: 14 Apr 2025 02:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
DISTIRA, RISKI PUTRA AYU
NIDN0702019301
Thesis advisor
EFFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706013902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item
View Item