EFEKTIVITAS TEKNIK SELF DISCLOSURE DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 TUBAN

SAFITRI, IKA DEWI (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF DISCLOSURE DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 TUBAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of _AWALAN.pdf] Text
_AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan penyampaian pesan oleh orang lain kepada individu atau kelompok dengan mendapatkan efek timbal balik secara langsung. Komunikasi interpersonal memiliki 5 aspek di dalamnya, keterbukaan, empati, sikap saling mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Penelitian di latar belakangi dengan permasalahan rendahnya komunikasi interpersonal siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tuban, yang ditandai dengan perilaku seperti siswa masih malu untuk mengawai berkomunikasi sesama temannya maupun dengan guru, siswa malu menyampaikan pendapat saat sekolah, siswa kesulitan beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang di dapatkan bersama guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik self- disclosure$ untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre eksperiment dengan desain one group Pre-test dan Post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tuban, Tahun Ajaran 2024/2025. Data di kumpulkan melalui instrument komunikasi interpersonal. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 13 anak dengan layanan bimbingan kelompok dan diberikan Treatment selama 8 pertemuan. Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro Wilk untuk membandingkan nilai Pre- test dan Post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa kelas
VII sebelum di berikan perlakuan teknik Self-disclosure berada dalam kategori rendah dengan presentase rata-rata 14,8% yaitu berada dalam kategori rendah dan setelah di berikan perlakuan dengan teknik Self- disclosure mengalami peningkatan menjadi kategori sedang dengan presentase rata-rata 18,2%, perbedaan antara hasil presentase sebelum dan sesudah treatment rata-rata yaitu sebesar 3,4%. Maka dapat kita simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara Pretest dan Post-test, artinya teknik Self- talk cukup efektif dalam meningkatkan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Self-Disclosure, Komunikasi Interpersonal Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ika dewi safitri
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:58
Last Modified: 23 Apr 2025 07:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
NIDN0711118702
Thesis advisor
AFRILIYANTO, AGUS
NIDN0716048904
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item
View Item