EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA SMK NEGERI 4 BOJONEGORO

PUTRI, ARMETASYA SALLY EKA (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA SMK NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMKN 4 Bojonegoro. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, hasil rata-rata pretest yang rendah dan rata-rata posttest yang mencapai 94,0% menunjukkan bahwa intervensi tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat diterapkan dalam pembelajaran setiap tahunnya. Berpikir kritis yang melibatkan penilaian yang rasional dan berbasis bukti, serta kemampuan untuk melakukan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, sangat penting dalam pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan karakter harus diajarkan secara bersamaan untuk mendukung perkembangan psikologi siswa secara holistik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok,teknik diskusi,berfikir kritis,efektifitas pembelajaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: armetasya sally eka putri
Date Deposited: 10 Mar 2025 06:08
Last Modified: 10 Mar 2025 06:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Distira, Riski Putra Ayu
NIDN0702019301
Thesis advisor
Efendi, Moh.Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7066

Actions (login required)

View Item
View Item