Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar MA-ASY Syukuriyah Payaman

FAUZIAH, NURLAILY WAHIZZAH (2024) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar MA-ASY Syukuriyah Payaman. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki oleh setiap siswa dalam menerima, menolak, dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar merupakan permasalahan yang harus dihadapi di dunia pendidikan. Aspek prestasi memiliki 3 aspek yaitu (1) aspek kognitif, (2) aspek afektif, (3) aspek psikomotorik. Penelitian ini dilakukan di MaAsy-Syukuriyah Payaman dengan sasaran kelas XI, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran efektivitas dari layanan konseling kelompok dengan teknik home room untuk meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Dengan menggunakan pengumpulan data berupa instrumen prestasi belajar, observasi, wawancara, skala psikologi. Penelitian ini melibatkan 6 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Subjek penelitian nantinya akan diberikan treatment konseling dengan teknik home room sebanyak 5 kali pertemuan. Analis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t test. Berdasarkan uji paired sample t-test diketahui nilai sig (2tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian konseling kelompok dengan teknik home room terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok,Teknik Home Room,Meningkatkan Prestasi Belajar siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nurlaily Wahizzah Fauziah
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:44
Last Modified: 12 Feb 2025 08:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahya Ningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Tawakkal, M.Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item
View Item