ULFA, SINTIYA SHOFIATUN (2024) RATE BINTANG LIMA DAN ULASAN POSITIF KEPADA PELAPAK DI MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI SYARAT MENDAPAT GARANSI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (69kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (807kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (899kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (919kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (638kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (801kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Shopee adalah platform belanja online yang populer di kalangan berbagai usia, termasuk sebagai tempat berjualan secara online. Praktik rate bintang lima dan ulasan positif sebagai syarat mendapat garansi pada marketplace shopee adalah ketentuan yang ditetapkan berupa penilaian terbaik yang harus diberikan pembeli kepada pelapak untuk mendapat garansi suatu produk yang telah dipesannya melalui shopee. Ketika pembeli sudah memberikan penilaian buruk terhadap barang yang diterima karena barang tidak sesuai sama sekali maka pelapak tidak akan menerima pengajuan garansi tersebut. Dari praktik tersebut muncul permasalahan letak tanggung jawab pelapak, maka peneliti mencoba menganalisis persoalan ini dengan teori prinsip-prinsip etika bisnis Islam.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: bagaimana mekanisme dan tinjauan etika bisnis Islam terhadap rate bintang lima dan ulasan postif kepada pelapak di marketplace shopee sebagai syarat mendapat garansi. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana mekanisme dan tinjauan etika bisnis islam terhadap rate bintang lima dan ulasan postif kepada pelapak di marketplace shopee sebagai syarat mendapat garansi garansi
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yang berasal dari wawancara dan observasi, sedangkan data sekundernya berasal dari buku-buku, jurnal dan internet. Metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh diolah menggunakan deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan teori etika bisnis Islam.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: pelapak mendaftarkan diri melalui marketplace shopee. Setelah terdaftar pelapak dapat memposting produk dengan deskripsi produk yang telah ditetapkan. pelapak menentapkan syarat dan ketentuan agar mendapat garansi produknya berupa (jika pembeli ingin mengajukan retur (garansi) atau pengembalian jangan memberi review buruk atau bintang 1, jika pembeli sudah memberi review buruk kepada pelapak tidak akan menerima pengembalian). Tinjauan etika bisnis Islam terhadap rate bintang lima dan ulasan positif kepada pelapak sebagai syarat mendapat garansi pada toko @Mellisa Busana tidak memenuhi standar etika bisnis Islam berupa prinsip bertanggung jawab (responsibility) karena memberikan syarat dan ketentuan yang memaksa pembeli apabila ingin mendapat garansi harus memberikan penilaian terbaik dahul, tidak dapat menerima pengajuan barang apabila pembeli sudah terlanjur memberikan penilaian buruk berupa barang yang diterima tidak sesuai sama sekali.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketplace Shopee, Rate Bintang Lima, Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 170 Etika 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 179 Norma etika lainnya 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai > 297.63 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sintiya Shofiatun Ulfa |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HAMBALI, M. RIDWAN NIDN2117056803 Thesis advisor HASIBUAN, ANWAR SALEH NIDN0726068607 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6295 |