Ni’mah, Siti Kiswatun (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAHKOTA SUKSES INDONESIA (MSI) DENGAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DI APLIKASI SHOPEE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover skripsi.pdf
Download (373kB)
AWALAN 1.pdf
Download (492kB)
BAB I .pdf
Download (516kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (994kB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (813kB) | Request a copy
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (332kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (758kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Mahkota Sukses Indonesia (MSI) yaitu dengan menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM); Setiap reseller MSI harus menjual produk dan merekrut anggota baru. Dalam MSI penjualan produk MSI reseller dan non reseller tidak sama lebih murah non reseller karena reseller lebih fokus merekrut anggota baru, sehingga reseller tidak mementingkan persaingan harga penjualan produk. Penelitian ini hendak menjawab rumusan masalah, pertama bagaimana strategi pemasaran produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di aplikasi Shopee. Kedua bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di aplikasi Shopee. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan objek pemasaran melalui aplikasi Shopee. Sumber data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekundernya diperoleh dari sumbersumber pustaka seperti buku, jurnal, dan internet. Metode analisis datanya deduktif kualitatif dengan teori strategi pemasaran, Multi Level Marketing (MLM), dan ju’a>lah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi pemasaran produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di aplikasi Shopee terjadi karena perusahaan MSI tidak fokus pada penjualan produk tetapi lebih fokus mendapatkan anggota baru, hal ini dibuktikan dengan perbedaan harga antara reseller dan non reseller lebih murah non reseller. Ditinjau dari strategi pemasaran yang digunakan MSI di aplikasi Shopee sudah sesuai dengan strategi pemasaran dalam Islam bahwa reseller sudah menerapkan sifat-sifat dalam strategi pemasaran 2. Dari segi Multi Level Marketing (MLM) dalam Islam sudah sesuai dengan fatwa MUI tentang MLM dengan Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) No. 75 Tahun 2009. 3. Dari segi ju’a>lah rukun dan syarat ju’a>lah maka strategi pemasaran produk MSI dengan sistem MLM di aplikasi Shopee sudah sesuai baik dari segi rukun maupun syarat ju’a>lah
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukum ekonomi syariah |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 04:25 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 04:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZAH, IMROATUL UNSPECIFIED Thesis advisor SHIDDIQI, HASBI ASH UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/627 |