ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAHKOTA SUKSES INDONESIA (MSI) DENGAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DI APLIKASI SHOPEE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Ni’mah, Siti Kiswatun (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAHKOTA SUKSES INDONESIA (MSI) DENGAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DI APLIKASI SHOPEE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover skripsi.pdf] Text
cover skripsi.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of AWALAN 1.pdf] Text
AWALAN 1.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of BAB I  .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (516kB)
[thumbnail of BAB II  .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III  .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V  .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (332kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Mahkota Sukses Indonesia (MSI) yaitu dengan menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM); Setiap reseller MSI harus menjual produk dan merekrut anggota baru. Dalam MSI penjualan produk MSI reseller dan non reseller tidak sama lebih murah non reseller karena reseller lebih fokus merekrut anggota baru, sehingga reseller tidak mementingkan persaingan harga penjualan produk. Penelitian ini hendak menjawab rumusan masalah, pertama bagaimana strategi pemasaran produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di aplikasi Shopee. Kedua bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di aplikasi Shopee. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan objek pemasaran melalui aplikasi Shopee. Sumber data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekundernya diperoleh dari sumbersumber pustaka seperti buku, jurnal, dan internet. Metode analisis datanya deduktif kualitatif dengan teori strategi pemasaran, Multi Level Marketing (MLM), dan ju’a>lah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi pemasaran produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di aplikasi Shopee terjadi karena perusahaan MSI tidak fokus pada penjualan produk tetapi lebih fokus mendapatkan anggota baru, hal ini dibuktikan dengan perbedaan harga antara reseller dan non reseller lebih murah non reseller. Ditinjau dari strategi pemasaran yang digunakan MSI di aplikasi Shopee sudah sesuai dengan strategi pemasaran dalam Islam bahwa reseller sudah menerapkan sifat-sifat dalam strategi pemasaran 2. Dari segi Multi Level Marketing (MLM) dalam Islam sudah sesuai dengan fatwa MUI tentang MLM dengan Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) No. 75 Tahun 2009. 3. Dari segi ju’a>lah rukun dan syarat ju’a>lah maka strategi pemasaran produk MSI dengan sistem MLM di aplikasi Shopee sudah sesuai baik dari segi rukun maupun syarat ju’a>lah

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syariah
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Apr 2022 04:25
Last Modified: 08 Apr 2022 04:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZAH, IMROATUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SHIDDIQI, HASBI ASH
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item
View Item