CAHYO, WAHYU NUR (2024) IMPLEMENTASI METODE SIMPLE MULTY-ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) DALAM REKOMENDASI PEMBELIAN SMARTPHONE. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (495kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (481kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (469kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (418kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam penggunaan smartphone yang kini menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Namun, pemilihan smartphone seringkali menjadi tantangan karena banyaknya produk yang tersedia dan beragamnya preferensi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pada ruang lingkup web yang dapat merekomendasikan smartphone sesuai preferensi pengguna dengan menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART). Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Tahapan penelitian meliputi: Perencanaan: Merencanakan sistem pengembangan. Pengumpulan Data : Mengumpulkan data spesifikasi teknis smartphone. Seleksi Data: Memilih data yang relevan untuk penelitian. Implementasi Data: Mengimplementasikan data ke dalam sistem menggunakan metode SMART. Perangkingan Data: Mengurutkan data berdasarkan hasil analisis metode SMART.Penelitian ini menemukan bahwa implementasi metode SMART dalam sistem pendukung keputusan dapat memberikan rekomendasi smartphone yang lebih tepat dan sesuai dengan preferensi pengguna. Sistem ini juga membantu mengurangi kebingungan dan ketidakpuasan konsumen setelah pembelian smartphone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode SMART efektif digunakan dalam sistem rekomendasi pembelian smartphone. Rekomendasi yang diberikan lebih tepat dan sesuai dengan preferensi pengguna. Disarankan agar penelitian selanjutnya mengeksplorasi lebih lanjut penggunaan metode SMART pada konteks lain dan memperluas kriteria yang digunakan dalam rekomendasi.