Keefektifan panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku membolos di SMP/MTs

FAUZIAH, ELFAHMA (2024) Keefektifan panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku membolos di SMP/MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku membolos adalah tindakan kenakalan remaja disebabkan oleh faktor pribadi, keluarga, ataupun sekolah yang merujuk pada tindakan siswa yang tidak mematuhi norma-norma sekolah dengan tidak hadir sesuai jadwal atau bahkan meninggalkan sekolah tanpa izin resmi. Perilaku membolos memiliki 4 aspek, diantaranya, (1) tidak masuk sekolah karena alasan yang sepele, (2) minat sekolah yang rendah, (3) meninggalkan sekolah karena ajakan teman, (4) kurangnya perhatian dari keluarga.
Berdasarkan masalah diatas, perlu adanya sebuah teknik untuk mengurangi permasalahan diatas yaitu teknik self management yang dianggap efektif untuk mengurangi perilaku membolos siswa. Self management merupakan merupakan teknik pengelolaan diri yang berupaya agar individu dapat melakukan perencanaan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimen. Adapun penelitian berjumlah 14 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, 7 siswa kelompok eksperimen dan 7 siswa kelompok kontrol. 7 siswa kelompok eksperimen diberikan treatment selama 4 pertemuan sesuai dengan buku panduan pelatihan bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku membolos. Berdasarkan hasil post-test dari 14 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok, dengan rata-rata kelompok eksperimen 41% dan hasil rata-rata kelompok kontrol 57%. Dari hasil post-test dapat ditarik kesimpulan bahwa panduan pelatihan bimbingan kelompok teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku membolos siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Self Management, Perilaku Membolos
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Elfahma Fauziah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:24
Last Modified: 16 Aug 2024 07:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item
View Item