PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA SMP/MTs

FAS'AL, IDZA NUVIA (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA SMP/MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku membolos merupakan perilaku siswa yang meninggalkan sebagian atau seluruh pelajaran pada hari masuk sekolah tanpa izin dari sekolah. Layanan konseling kelompok adalah layanan untuk memecahkan masalah konseli dalam bentuk kelompok dengan tujuan perbaikan, serta memiliki titik focus pada teknik dan hanya dapat dilakukan oleh seorang pemimpin kelompok yang ahli. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik self management di dalamnya. Teknik self management adalah teknik untuk mengelola perilaku individu dengan tahap meminta pertanggungjawaban individu atas tindakannya sehingga individu yang terlibat dapat menjalani kehidupan yang lebih baik. Dari hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 75 siswa yang memiliki perilaku membolos sangat tinggi dengan porsentase 30.1%. 85 siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos tinggi dengan porsentase 26.5%. 65 siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos rendah dengan porsentase 23.2%. 57 siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos sangat rendah dengan porsentase 20.2%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli mendia, dan uji ahli calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tesebut sangat berguna, sangat layak, tepat, dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: layanan konseling kelompok, teknik self management, siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Idza Nuvia Fas'al
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:27
Last Modified: 18 Sep 2023 03:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
EFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item
View Item