EFEKTIVITAS SELF CONFIDENCE DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA

FITROTIN, RENI (2022) EFEKTIVITAS SELF CONFIDENCE DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Self confidence (percaya diri) merupakan rasa yakin akan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, selalu optimis, bersikap tenang, pantang menyerah, dan selalu bersikap positif dalam menghadapi masalah. Self confidenece memiliki 4 indikator untuk dilakukan penelitian diantaranya: (1) percaya pada kemampuan diri sendiri (2) bertindak mandiri dalam mengambil keputusan (3) memiliki rasa positif terhadap diri sendiri (4) berani mengungkapkan pendapat. Rasa percaya diri sangatlah penting dalam diri seseorang apalagi pada diri seorang siswa untuk meningkatkan keberhasilan belajar.
Meningkatkan rasa self confidence tersebut, perlu adanya model pembelajaran yang dapat mendukung meningkatkan rasa self confidence terhadap keberhasilan belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education (RME). Dengan model ini peserta didik dapat mengaitkan dengan kehidupan yang nyata terkait pembelajaran matematika. Adapun penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sukosewu kelas VII B yang berjumlah 32 peserta didik. Masing-masing peserta didik diberikan soal pretest kemampuan self confidence (TKSC) setelah diberikan pretest diterapkannya model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan pertemuan selanjutnya diberikan post test guna mengetahui peningkatan hasil belajar matematis ditinjau dari self confidence yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).
Penyebaran angket guna mengetahui seberapa tinggi atau rendahnya rasa Self Confidence pada diri peserta didik. Guna mengetahui meningkatnya rasa percaya diri peserta didik terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial. Setelah dilakukan penyebaran angket langkah selanjutnya yaitu wawancara untuk memperkuat argumen pada angket self confidence. Peserta didik disini di tuntut untuk mengutarakan apa yang menjadi rasa self confidence rendah maupun rasa self confidence tinggi.
Berdasarkan hasil pretest kemampuan self confidence terhadap hasil belajar masih rendah atau dibawah rata-rata, namun setelah diterapkanya model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) kemampuan kemampuan self confidence terhadap hasil belajar meningkat. Hal ini dibuktikan dengan angket dan wawancara. Dimana peserta didik dengan self confidence tinggi maka mendapatkan hasil belajar yang tinggi. Begitu juga dengan peserta didik dengan self confidence rendah maka mendapatkan hasil belajar yang rendah pula.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: self confidence, Realistic mathematic education, hasil belajar, aritmatika sosial
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Reni Fitrotin
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:22
Last Modified: 24 Oct 2022 03:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ismanto, Ismanto
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item
View Item