FITROTIN, RENI (2022) EFEKTIVITAS SELF CONFIDENCE DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (380kB)
AWALAN.pdf
Download (675kB)
BAB I.pdf
Download (493kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (725kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (274kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (392kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Self confidence (percaya diri) merupakan rasa yakin akan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, selalu optimis, bersikap tenang, pantang menyerah, dan selalu bersikap positif dalam menghadapi masalah. Self confidenece memiliki 4 indikator untuk dilakukan penelitian diantaranya: (1) percaya pada kemampuan diri sendiri (2) bertindak mandiri dalam mengambil keputusan (3) memiliki rasa positif terhadap diri sendiri (4) berani mengungkapkan pendapat. Rasa percaya diri sangatlah penting dalam diri seseorang apalagi pada diri seorang siswa untuk meningkatkan keberhasilan belajar.
Meningkatkan rasa self confidence tersebut, perlu adanya model pembelajaran yang dapat mendukung meningkatkan rasa self confidence terhadap keberhasilan belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education (RME). Dengan model ini peserta didik dapat mengaitkan dengan kehidupan yang nyata terkait pembelajaran matematika. Adapun penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sukosewu kelas VII B yang berjumlah 32 peserta didik. Masing-masing peserta didik diberikan soal pretest kemampuan self confidence (TKSC) setelah diberikan pretest diterapkannya model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan pertemuan selanjutnya diberikan post test guna mengetahui peningkatan hasil belajar matematis ditinjau dari self confidence yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).
Penyebaran angket guna mengetahui seberapa tinggi atau rendahnya rasa Self Confidence pada diri peserta didik. Guna mengetahui meningkatnya rasa percaya diri peserta didik terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial. Setelah dilakukan penyebaran angket langkah selanjutnya yaitu wawancara untuk memperkuat argumen pada angket self confidence. Peserta didik disini di tuntut untuk mengutarakan apa yang menjadi rasa self confidence rendah maupun rasa self confidence tinggi.
Berdasarkan hasil pretest kemampuan self confidence terhadap hasil belajar masih rendah atau dibawah rata-rata, namun setelah diterapkanya model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) kemampuan kemampuan self confidence terhadap hasil belajar meningkat. Hal ini dibuktikan dengan angket dan wawancara. Dimana peserta didik dengan self confidence tinggi maka mendapatkan hasil belajar yang tinggi. Begitu juga dengan peserta didik dengan self confidence rendah maka mendapatkan hasil belajar yang rendah pula.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self confidence, Realistic mathematic education, hasil belajar, aritmatika sosial |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reni Fitrotin |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:22 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kurniawati, Naning UNSPECIFIED Thesis advisor Ismanto, Ismanto UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1749 |