PENGARUH PERBANDINGAN PENGGUNAAN CAPASITOR DISCHARGER IGNITION TERHADAP PERFORMA MOTOR GL 100

Afifudin, Febry Nur (2025) PENGARUH PERBANDINGAN PENGGUNAAN CAPASITOR DISCHARGER IGNITION TERHADAP PERFORMA MOTOR GL 100. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy

Abstract

mendorong manusia untuk selalu menciptakan inovasi. Perkembangan teknologi juga terjadi di bidang otomotif, khususnya pada motor bakar. Sistem pengapian merupakan sistem yang sangat penting pada sepeda motor. Sistem pengapian pada motor bensin berfungsi mengatur proses pembakaran campuran bensin dan udara di dalam silinder sesuai waktu yang sudah ditentukan yaitu pada akhir langkah kompresi. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Pengaruh perbandingan penggunaan CDI standar dan CDI BRT Hyper Band terhadap performa motor GL 100 277 cc dengan meliputi: Mengetahui Pengaruh perbandingan penggunaan CDI standar dan CDI BRT Hyper Band terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar pada mesin motor GL 100 277 cc. Hasil pengujian yang telah dilakukan pada motor GL 100 ini menunjukkan bahwa: pengaruh perbandingan penggunaan CDI standar dan CDI BRT Hyper Band terhadap performa motor Gl 100 277 cc daya meningkatkan 1,43 Hp. Dengan hasil Rata rata daya maksimum CDI standar 28,4 Hp, CDI BRT Hyper Band 29,83 Hp. Sedangkan Torsi meningkat sebesar 0,82 Nm. Dengan hasil Rata rata torsi maksimum CDI standar 31,00 Nm, CDI BRT Hyper Band 31,82 Nm. Selisih konsumsi bahan bakar 1,86 km/l. Hasil Rata rata jarak yang ditempuh CDI standar 30,26 km/l, CDI BRT Hyper Band 32,12 km/l. Untuk pertalite, penurunan maksimal konsumsi bahan bakar yaitu lebih irit maksimal sebesar 2%. Secara keseluruhan, hasil data dari daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan CDI standar dan CDI BRT Hyper Band dengan bahan bakar pertalite ini menggambarkan bahwa mesin memberikan performa terbaik menggunakan CDI BRT Hyper Band.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: CDI Standar, CDI BRT Hyper Band, Performa Motor
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 608 Paten
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with email 2220200123@unugiri.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:49
Last Modified: 22 Apr 2025 01:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anshori, M.
NIDN0701029601
Thesis advisor
Ardianti, Aprillia Dwi
NIDN0726048902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item
View Item