Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Fase D Kelas VIII

Putri, Maulidiya Rizqiyana (2025) Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Fase D Kelas VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi telah memberikan dampak yang signifikan dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam aspek pendidikan. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan suatu negara. Pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kurikulum, setiap lembaga pendidikan pasti akan menjadikan kurikulum sebagai acuan dalam pembelajaran. Kurikulum yang digunakan saat ini adalah kurikulum merdeka yang salah satu karakteristiknya yakni profil pelajar Pancasila. Dalam kurikulum merdeka salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan untuk menunjang proses pembelajaran adalah modul. Pengembangan modul matematika dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi matematika dan meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran etnomatematika berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk siswa fase D kelas VIII. Modul ini dirancang untuk mengintegrasikan kearifan lokal Bojonegoro ke dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep-konsep matematika, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Islamiyyah Attanwir kelas VIII. Pada tahap development dihasilkan produk modul yang sudah divalidasi oleh 2 orang validator ahli. Setelah melalui tahap development produk di uji coba kan pada 20 peserta didik untuk mengetahui respon mereka terhadap modul. Hasil dari penelitian ini memperoleh rata-rata validasi 3,6 oleh validator 1 dan memperoleh rata-rata, dan tingkat kelayakan 3,73 oleh respons peserta didik. Hasil ini termasuk dalam kriteria “sangat valid” dan “sangat layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Etnomatematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Fase D Kelas VIII ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Etnomatematika, Profil Pelajar Pancasila, SPLDV, Model ADDIE
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MAULIDIYA RIZQIYANA PUTRI
Date Deposited: 19 Apr 2025 08:18
Last Modified: 19 Apr 2025 08:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7217

Actions (login required)

View Item
View Item