Putri, Maulidiya Rizqiyana (2025) Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Fase D Kelas VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
![[thumbnail of cover.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (403kB)
![[thumbnail of awalan.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
awalan.pdf
Download (765kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (450kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (804kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (556kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of DAPUS.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
DAPUS.pdf
Download (500kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi telah memberikan dampak yang signifikan dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam aspek pendidikan. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan suatu negara. Pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kurikulum, setiap lembaga pendidikan pasti akan menjadikan kurikulum sebagai acuan dalam pembelajaran. Kurikulum yang digunakan saat ini adalah kurikulum merdeka yang salah satu karakteristiknya yakni profil pelajar Pancasila. Dalam kurikulum merdeka salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan untuk menunjang proses pembelajaran adalah modul. Pengembangan modul matematika dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi matematika dan meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran etnomatematika berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk siswa fase D kelas VIII. Modul ini dirancang untuk mengintegrasikan kearifan lokal Bojonegoro ke dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep-konsep matematika, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Islamiyyah Attanwir kelas VIII. Pada tahap development dihasilkan produk modul yang sudah divalidasi oleh 2 orang validator ahli. Setelah melalui tahap development produk di uji coba kan pada 20 peserta didik untuk mengetahui respon mereka terhadap modul. Hasil dari penelitian ini memperoleh rata-rata validasi 3,6 oleh validator 1 dan memperoleh rata-rata, dan tingkat kelayakan 3,73 oleh respons peserta didik. Hasil ini termasuk dalam kriteria “sangat valid” dan “sangat layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Etnomatematika Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Fase D Kelas VIII ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Etnomatematika, Profil Pelajar Pancasila, SPLDV, Model ADDIE |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MAULIDIYA RIZQIYANA PUTRI |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 08:18 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 08:18 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa NIDN0719049202 Thesis advisor Kurniawati, Naning NIDN0718098503 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7217 |