EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUL HUDA

KAFAH, MUHAMAD SILMI (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUL HUDA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 2 AWALAN.pdf] Text
2 AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4 BAB II.pdf] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of 5 BAB III.pdf] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of 6 BAB IV.pdf] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of 7 BAB V.pdf] Text
7 BAB V.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 9 LAMPIRAN.pdf] Text
9 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan hal yang dapat terjadi pada individu siswa, reaksi kejenuhan belajar pada diri siswa ini bisa berlangsung singkat, maupun sebaliknya. Siswa yang sedang mengalami kejenuhan, kecenderungannya tidak dapat bekerja maupun belajar sebagaimana yang diharapkan dalam memproses informasi atau pengalaman baru, sehingga kemajuan belajarnya seakan-akan tidak ada perkembangan. Kejenuhan belajar merupakan rentang waktu tertentu yang digunakan untuk belajar, tetapi tidak mendatangkan hasil. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Regulated Learning dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Raudlatul Huda dengan jumlah populasi 89, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil 59 sampel. Metode penelitian menggunakan Pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan skala kejenuhan belajar, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach, uji paired sample T-test dengan bantuan SPSS 2.6. hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, dengan rata-rata nilai pretest 80% dan hasil rata-rata nilai posttest 50%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan dengan adanya penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Self Regulated Learning dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Di Mts Raudlatul Huda.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Self Regulated Learning, Kejenuhan Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Muhamad Silmi Kafah
Date Deposited: 19 Apr 2025 02:31
Last Modified: 19 Apr 2025 02:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7196

Actions (login required)

View Item
View Item