PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X

YULIANDARI, DIAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover-1.pdf] Text
Cover-1.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Awalan-1.pdf] Text
Awalan-1.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Bab 1 (3).pdf] Text
Bab 1 (3).pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka-1.pdf] Text
Daftar Pustaka-1.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran-1.pdf] Text
Lampiran-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dimulai dari temuan di lapangan bahwa beberapa siswa kurang antusias mengikuti pelajaran matematika. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti memberikan solusi media power point sebagai salah satu cara untuk meningkatkan minat siswa tersebut. Dengan menggunakan power point diharapkan materi pembelajaran dapat disajikan dengan lebih menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan minat siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi peneliti, penyebab utama kurangnya antusiasme siswa diyakini terkait dengan terbatasnya sarana dan prasarana yang tersedia, serta kurangnya upaya dari guru dalam menciptakan suasana belajar yang baru dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh media pembelajaran Microsoft Power Point terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 4 Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 bojonegoro tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan 36 siswa kelas X jurusan Teknik Pengelasan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil Berdasarkan penelitian diperoleh dari analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Microsoft Power Point terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 4 Bojonegoro. Berdasarkan hasil uji-t besar nilai signifikansi nilai probability atau Sig. = 0,000 (Sig.<0,05) dengan demikian bisa disampaikan bahwa media pembelajaran Microsoft Power Point pada pembelajaran matematika siswa kelas X SMK Negeri 4 Bojonegoro memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan dari hasil rata-rata, nilai rata-rata pretest adalah 58 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 65,39 hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan power point mampu memberikan perubahan pada minat belajar siswa yang lebih baik dengan presentase13%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: power point, minat belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DIAH YULIANDARI
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:27
Last Modified: 17 Apr 2025 07:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Fathoni, M. Ivan Ariful
NIDN0705019103
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item
View Item