EFEKTIVITAS TEKNIK OPERANT CONDITIONING BERBASIS BEHAVIOR THERAPY DENGAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALITIDU

Nabiyyah, Nur Maulidatun (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK OPERANT CONDITIONING BERBASIS BEHAVIOR THERAPY DENGAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kebiasaan belajar adalah kegiatan belajar yang realtif menetap karena dilakukan secara berulang-ulang. Kebiasaan belajar merupakan segenap perilaku yang ditunjukkan dari waktu ke waktu dalam rangka pelaksanaan belajar. Kebiasaan belajar memiliki 5 aspek yaitu (1) pembuatan jadwal dan pelaksanaannya (2) membaca dan membuat catatan (3) mengulangi bahan pelajaran (4) konsentrasi (5) mengerjakan tugas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas vii smp negeri 1 kalitidu dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas konseling kelompok dengan teknik operant conditioning berbasis behavior therapy untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan instrument kebiasaan belajar, observasi, wawancara, teknik simple random sampling untuk memilih 6 sampel dari 130 responden yang akan diberikan layanan konseling kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji efektivitas, uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00<0,05, maka ho ditolak dan ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Penelitian konseling kelompok teknik operant conditioning terbukti efektif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Behavior Therapy, Operant Conditioning, Kebiasaan Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nur Maulidatun Nabiyyah
Date Deposited: 19 Apr 2025 01:55
Last Modified: 19 Apr 2025 01:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item
View Item