PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS NEARPOD PADA MATA PELAJARAN SKI (KHULAFAUR RASYIDIN) KELAS VII MTS 1 BUBULAN BOJONEGORO

LATIFAH, SITI NUR ATIQOUL (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS NEARPOD PADA MATA PELAJARAN SKI (KHULAFAUR RASYIDIN) KELAS VII MTS 1 BUBULAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Assessment pembelajaran adalah salah satu unsur yang digunakan untuk mengetahui sejauhmana ketercapaian kompetensi siswa dan keefektifan proses pembelajaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi soal-soal yang digunakan pendidik dalam instrumen asesmen peserta didik masih kuno yaitu menggunakan kertas dan melalui grup whatsapp. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE oleh Rusdi terdiri dari tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi kelompok besar (Evaluation in Field Trial). Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu mengembangkan instrumen asesmen pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi khulafaur rasyidin kelas VII berbasis nearpod. Instrumen asesmen yang dibuat terdiri dari 30 butir soal berbentuk quiz game yang disusun dari kisi-kisi dan dibentuk dari TP,ATP dan KKTP.
Dalam kelayakan pada instrumen instrumen asesmen berbantuan aplikasi nearpod memperoleh presentase rata-rata 85,8% yang diperoleh dari hasil validitas, reliabilitas, kepraktisan dan keterbacaan. Tingkat validitas dari aspek validitas isi, validitas konstruk dan validitas perwajahan dari ahli materi dan ahli asesmen diperoleh presentase rata-rata 82,5% dengan kriteria layak. sedangkan validitas soal terdiri dari 30a butir soal yang diperloeh menggunkan analisis model rasch memperoleh hasil valid dan termsuk dalam kategori layak. Tingkat reliabilitas asesmen yang diperoleh menggunakan analisi model rasch memperoleh nilai person reliability 0,55 dengan kategori cukup, item reliability 0,71 dengan kategori bagus dan alpha cronbach memperoleh nilai 0,79 dengan kategori bagus. Tingkat kepraktisan instrumen asesmen berbantuan aplikasi nearpod yang dari hasil angket pendidik dan peserta didik memperoleh skor presentase rata-rata 85% yang dinyatakan sangat layak. tingkat keterbacaan instrumen asesmen berbantuan aplikasi nearpod yang diperoleh dari angket ahli materi, ahli asesmen, pendidik dan peserta didik mendapat skor presentase rata-rata 87,5% dan dinyatakan termasuk kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbantuan aplikasi nearpod pelajaran pendidikan agama Islam teruji dari segi validitas, reliabilitas, kepraktisan dan keterbacaan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen asesmen, Nearpod, kelayakan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mahasiswa Siti Nur Atiqoul Latifah
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:58
Last Modified: 11 Mar 2025 04:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
Thesis advisor
MUTHI’UDDIN, AHMAD
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item
View Item