MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Rifatin, Naili Dwi (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Awalan (2).pdf] Text
Awalan (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1 (2).pdf] Text
Bab 1 (2).pdf

Download (614kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali dianggap sebagai kegiatan yang monoton dan sulit dipahami oleh siswa. Banyak siswa menghadapi kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, yang berakibat pada rendahnya motivasi dan kemampuan berpikir kreatif mereka. Dalam konteks ini, kemampuan berpikir kreatif sangat penting, karena tidak hanya membantu siswa dalam memahami konsep matematika, tetapi juga dalam menghadapi masalah di dunia nyata. Pada materi lingkaran, masih banyak siswa yang kurang berminat dan aktif mengikuti pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran yang monoton. Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang menggunakan masalah kontekstual agar siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan matematika. Dan peneliti tertarik untuk melihat tingkat kekreatifan belajar siswa melalui pembelajaran matyematika realistik pada materi lingkaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif melalui pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII di MTs Manba’ul Ulum Klepek Sukosewu. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan di MTs Terpadu Manba’ul Ulum Klepek sukosewu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan random sampling dimana yang diambil kelas VIII-A. Dari Hasil analisis data pada pretest diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 43,32. Hasil analisis data pada posttest diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 80,76. Dari hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berfikir kreatif melalui pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan lingkaran pada kelas VIII di MTs Manba’ul ulum.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Berpikir Kreatif, Lingkaran.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Naili Dwi Rifatin
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:43
Last Modified: 07 Feb 2025 08:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item
View Item