PENGEMBANGAN INSTRUCTIONAL MEDIA MIND MAPPING BERBANTUAN APLIKASI VISME UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMPN I SEKAR BOJONEGORO

HIDAYAH, WIDYA RISKI NUR (2024) PENGEMBANGAN INSTRUCTIONAL MEDIA MIND MAPPING BERBANTUAN APLIKASI VISME UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMPN I SEKAR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan instructional media mind mapping berbantuan aplikasi visme untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pai dan budi pekerti di SMPN 1 Sekar Bojonegoro, skripsi ini merupakan hasil penelitian yang mengembangkan strategi mind map untuk menciptakan suasana pembelajaran aktif dengan pembelajaran online yang semakin digemari. Saat ini, konsep media pembelajaran visme dapat menjadi alternatif yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menarik, sehingga dapat membantu meningkatkan minat, pengingatan terhadap materi pembelajaran dan motivasi belajar siswa.
Peneliti memilih metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan (implementasi), dan evaluasi. Para peneliti dapat menggunakan kelima langkah ini untuk mencapai hasil yang optimal dan pembelajaran yang efektif. Model ADDIE ini adalah model yang tahap pengembangannya dianggap lebih sederhana dibandingkan dengan model lainnya. Tahapannya disusun secara sistematis dari tahap pertama hingga tahap kelima. Model ADDIE dapat digunakan untuk pengembangan produk, salah satunya yaitu pemgembangan media
pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi visme. Karena kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi, model ini telah dimodifikasi dan dievaluasi setiap langkahnya, sehingga tetap relevan untuk digunakan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media mind mapping berbantuan aplikasi visme pada mata pelajaran pai dan budi pekerti terdapat motivasi belajar siswa, karena dengan media ini sangatlah membantu mendorong semangat belajar siswa sehingga siswa tidak jenuh dalam melaksanakan pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media mind mapping berbantuan aplikasi visme layak digunakan dalam pelaksanaan praktikum pembelajaran dan perlu ditindaklanjuti melalui penerapan di kelas untuk mengetahui keefektifan produk dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, aplikasi, motivasi belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widya Riski Nurhidayah
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:14
Last Modified: 22 Nov 2024 02:14
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item
View Item