UMAH, SITI MIFTAKHUL (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (649kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (651kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (717kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (779kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (601kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (604kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Seiring perkembangan zaman guru dituntut untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif, Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Menjelaskan pengembangan bahan ajar flipbook berbasis problem based learning. 2) Menjelaskan kelayakan bahan ajar flipbook berbasis problem based learning sebagai Media Pembelajaran. 3) Implementasi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak setelah penggunaan bahan ajar flipbook berbasis problrm based learning.Metode Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau lebih dikenal dengan metode penelitian pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Syi’ar Islam Maibit yang berjumlah 30 siswa. Prosedur penelitian adalah menggunakan model 4D, Define, Design, Development, Disseminate. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket validasi para ahli dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil uji validasi pada media bahan ajar flipbook berbasis problem based learning untuk mengingkatkan minat belajar adalah Sangat Layak hal ini sesuai dengan uji yang dilakukan oleh ahli media memperoleh hasil 88% dan uji validasi oleh ahli materi memperoleh hasil 92,5%. Selain itu, respon peserta didik terhadap penggunaan media bahan ajar flipbook juga mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil ini sesuai dengan analisis data hasil uji kevalidan yang telah dilakukan oleh peneliti dengan sampel berjumlah 30 peserta didik yang mana pada setiap aspek pada instrumen mendapatkan hasil sangat layak. Jumlah skor maksimal yang diperoleh dari angket respon peserta didik adalah 1080, dan skor yang didapat dari responden sejumlah 1022, kemudian jika dikonversikan kedalam presentase menjadi 95%. Minat belajar siswa lebih meningkat setelah menggunakan flipbook dari pada sebelum menggunakan bahan ajar flipbook. Peningkatan minat tersebut meliputi beberapa aspek diantaranya aspek perasaan senang, aspek ketertarikan, dan aspek keterlibatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Flipbook, Materi Meneladani Kisah Abdurrahman Bin Auf Dan Abu Dzar Al- Ghifar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Miftakhul Umah |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 02:41 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 02:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 Thesis advisor WULANDARI, PRAMESTI NIDN0731129501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6812 |