PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT TUBAN

UMAH, SITI MIFTAKHUL (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan zaman guru dituntut untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif, Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Menjelaskan pengembangan bahan ajar flipbook berbasis problem based learning. 2) Menjelaskan kelayakan bahan ajar flipbook berbasis problem based learning sebagai Media Pembelajaran. 3) Implementasi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak setelah penggunaan bahan ajar flipbook berbasis problrm based learning.Metode Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau lebih dikenal dengan metode penelitian pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Syi’ar Islam Maibit yang berjumlah 30 siswa. Prosedur penelitian adalah menggunakan model 4D, Define, Design, Development, Disseminate. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket validasi para ahli dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil uji validasi pada media bahan ajar flipbook berbasis problem based learning untuk mengingkatkan minat belajar adalah Sangat Layak hal ini sesuai dengan uji yang dilakukan oleh ahli media memperoleh hasil 88% dan uji validasi oleh ahli materi memperoleh hasil 92,5%. Selain itu, respon peserta didik terhadap penggunaan media bahan ajar flipbook juga mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil ini sesuai dengan analisis data hasil uji kevalidan yang telah dilakukan oleh peneliti dengan sampel berjumlah 30 peserta didik yang mana pada setiap aspek pada instrumen mendapatkan hasil sangat layak. Jumlah skor maksimal yang diperoleh dari angket respon peserta didik adalah 1080, dan skor yang didapat dari responden sejumlah 1022, kemudian jika dikonversikan kedalam presentase menjadi 95%. Minat belajar siswa lebih meningkat setelah menggunakan flipbook dari pada sebelum menggunakan bahan ajar flipbook. Peningkatan minat tersebut meliputi beberapa aspek diantaranya aspek perasaan senang, aspek ketertarikan, dan aspek keterlibatan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Flipbook, Materi Meneladani Kisah Abdurrahman Bin Auf Dan Abu Dzar Al- Ghifar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Miftakhul Umah
Date Deposited: 28 Sep 2024 02:41
Last Modified: 28 Sep 2024 02:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
Thesis advisor
WULANDARI, PRAMESTI
NIDN0731129501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6812

Actions (login required)

View Item
View Item