Afatanasya, Afatanasya (2024) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI ECLIPSE CROSSWORD MELALUI METODE IBL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (421kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (829kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (860kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (721kB)
DAFPUS.pdf
Download (739kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Alat evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan, pengumpulan data, dan informasi yang memiliki banyak dimensi dalam rancangan program pembelajaran bersifat sistematis dan berkelanjutan yang dibuat oleh guru digunakan sebagai pertimbangan dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan, maupun menyusun program pembelajaran mengenai keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen alat evaluasi pembelajaran berbantuan aplikasi eclipse crossword dari segi validitas, reliabilitas kepraktisan dan keterbacaan alat evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian R&D yang menggunakan model ADDIE dimana tahapan penelitiannya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi dan uji coba lapangan. Validasi oleh ahli asesmen dan ahli materi memperoleh data mengenai validitas isi, validitas konstruk, validitas perwajahan dan keterbacaan. Uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data dari pe ndidik dan peserta didik. Data yang diperoleh dari pendidik dan peserta didi berupa kepraktisan dan keterbacaan. Data dari validitas soal dan reliabilitas asesmen diperoleh dari analisis model rasch menggunakan aplikasi ministep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek validitas memperoleh presentase rata-rata 81,5 % yang mana pada aspek ini termasuk kategori layak. Aspek reliabilitas memperoleh nilai 0,26 dari segi person reliability yang termasuk dalam kurang layak, 0,46 dari segi item reliability yang termasuk dalam kategori cukup dan 0,84 dari segi alpha cronbach yang mana termasuk dalam kategori bagus. Pada aspek kepraktisan mendapat skor presentase rata-rata 83,3% yang termasuk dalam kategori layak. Dalam aspek keterbacaan mendapat presentase rata-rata 85,5% yang mana pada aspek ini termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada pengembangan alat evaluasi berbantuan aplikasi eclipse crossword ini dikatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Evaluasi Pembelajaran, Eclipse Crossword |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Afa tanasya |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aufa, Ari Abi NIDN2107057802 Thesis advisor Anisah, Giati NIDN2104079104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6755 |