PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS ANALYTICAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS X SMK

Khomaroh, Siti Magfirotul Umul (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS ANALYTICAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS X SMK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan nilai harian pada materi barisan dan deret aritmetika yangdidapat dari wawancara guru matematika di SMK Negeri 3 Bojonegoro siswayang memperoleh nilai dibawah KKM masih cukup banyak. Rata-rata siswabelum bisa menganalisis soal yang diberikan oleh guru dikarenaka kurangnyapeserta didik memahami konsep dasar, kuranganya berpikir analitis dankurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Perkembangan teknologi di eradigital dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kualitaspembelajaran. Seperti contoh pada penelitian terdahulu penggunaan modulelektronik (e-modul) pada proses pembelajaran yang di nilai efektif dan efesienuntuk digunakan. Materi dan soal-soal pada e-modul di susun untuk melatihkemampuan berpikir analitis pada siswa. software flip pdf professional merupakansalah satu software untuk pengembangan bahan ajar modul elektronik (e-modul)secara elektronik dan interaktif.Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) atau yang di sebut penelitian dan pengembangan. Model yang di gunakan dalampenelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (kebutuhan,bahan literatur serta referensi materi), Design (perancangan e-modul),Development (pengembangan e-modul dan uji kevalidan), Implementation (ujikelayakan), dan Evaluation. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahuikevalidan dan kelayakan e-modul yang menggunakan software flip pdfprofessional berbasis analytical thinking pada materi barisan dan deret aritmetikakelas X SMK. Penelitan ini di laksanakan di SMKN 3 Bojonegoro dikelas XMPLB-1.Hasil uji kevalidan media pada penelitian ini yaitu memperoleh persentaserata-rata 96% dengan kategori “Sngat Valid”. Hasil uji kevalidan materi padapenelitian ini yaitu memperoleh persentase rata-rata 97,78% dengan kategori“Sangat Valid”. Sedangkan hasil uji kelayakan kuisioner respon siswa yaitumemperoleh total rata-rata persentasenya 83,09% dengan kategori “Sangat Layak”. E-modul ajar matematika berbasis analytical thinking menggunakansoftware flip pdf professional di harapkan dapat di gunakan dalam prosespembelajaran maupun di gunakan secara mandiri dan dapat di uji ke efektifannya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-Modul, ADDIE, Flip PDF Professional, Analytical Thinking, Barisan dan Deret Aritmetika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 511 Prinsip-prinsip umum matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SITI MAGFIROTUL UMUL KHOMAROH
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:15
Last Modified: 19 Aug 2024 01:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Festian, Cindarbumi
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item
View Item