FITRIA SARI, DIA AYU (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK PERMAINAN TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS PADA SISWA SMP/MTS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (496kB)
AWALAN.pdf
Download (834kB)
BAB I.pdf
Download (567kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (685kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (496kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (509kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB) | Request a copy
Abstract
Self Awareness merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, dan merefleksikan diri sendiri yang melibatkan kesadaran terhadap pikiran, emosi, motivasi, kekuatan dan kelemahan pribadi. Terdapat tiga aspek dalam Self Awareness yaitu emotional Self Awareness, accurate self assessment dan self confidence. Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang masih banyak terjadi pada remaja saat ini yang mengalami krisis etika dan moral dan banyak juga siswa yang belum mengerti jelas apa tugas dan tujuan mereka pergi sekolah. Dari permasalahan tersebut maka peneliti memiliki tujuan untuk meningkatkan Self Awareness siswa dengan cara mengembangkan panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok melalui teknik permainan Teka Teki Silang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Dari hasil uji coba dengan tiga ahli memperoleh hasil rata-rata skor dari ahli Bimbingan Konseling 79,91% termasuk kategori tinggi, memperoleh rata-rata skor dari ahli media 75,55% termasuk kategori tinggi dan rata-rata skor dari calon pengguna produk. 81,83% termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penilaian ketiga ahli tersebut dan hasil uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa buku panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok melalui teknik permainan Teka Teki Silang berguna untuk meningkatkan Self Awareness pada siswa SMP/MTs. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa buku panduan yang dikembangkan berguna, layak, tepat menarik dan dapat digunakan sebagai panduan bagi konselor SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Awareness, Bimbingan Kelompok, Teknik Teka Teki Silang |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Dia Ayu Fitria Sari |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 04:26 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 05:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi NIDN0715049401 Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6211 |