PENGARUH PERMAINAN LARI ESTAFET BOLA TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT RINGAN DI SLB SD KITA BOJONEGORO

ARIFIA, LAILA ZANUBA (2024) PENGARUH PERMAINAN LARI ESTAFET BOLA TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT RINGAN DI SLB SD KITA BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh permainan lari estafet bola terhadap kemampuan gerak dasar manipulative anak tunagrahita tingkat ringan di SLB SD KITA Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Tekni analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan permainan lari estafet bola terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan gerak manipulatif anak tunagrahita tingkat ringan. Narasumber dari SLS menyimpulkan bahwa aktivitas ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan koordinasi dan kontrol motorik anak-anak, tetapi juga mengembangkan keterampilan dasar seperti pengambilan keputusan dan kemampuan berkomunikasi dengan teman sebaya selama bermain. Anak-anak menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran yang melibatkan permainan dan penggunaan alat atau media, seperti bola dalam kasus ini. Mereka mengalami peningkatan dalam gerakan motorik, baik itu gerak lokomotor seperti berlari, maupun gerakan non-lokomotor seperti mengambil, melempar, dan menangkap bola. Secara keseluruhan, pendekatan pembelajaran ini berhasil menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan memotivasi bagi anak-anak tunagrahita, sambil secara efektif meningkatkan kemampuan gerak manipulatif mereka. Mengingat bahwa permainan lari estafet bola telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan gerak manipulatif anak tunagrahita tingkat ringan, disarankan untuk guru mengembangkan program-program aktivitas fisik lain yang menarik dan bervariasi. Hal ini dapat mencakup permainan olahraga lainnya atau kegiatan fisik yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: permainan lari estafet bola, anak tunagrahita
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: laila zanuba arifia
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:36
Last Modified: 16 Aug 2024 02:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
PRIADANA, BENNY WIDYA
NIDN0703078902
Thesis advisor
RAMADHAN, NURMAN
NIDN0726039102
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item
View Item