MUNIROH, VINA MIRATUL (2024) KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINSTORMING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALEN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAH NAHDLATUL ULAMA SUSAN GIRI.
COVER.pdf
Download (40kB)
AWALAN.pdf
Download (346kB)
BAB I.pdf
Download (188kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Download (165kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (49kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (197kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Masa remaja adalah dimana masa perubahan dari anak-anak menuju ke dewasa. Pada masa ini juga disebut sebagai masa transformasi fisik dan mental sehingga emosional kurang stabil. Fenomena yang sering muncul dikalangan siswa salah satunya banyak siswa yang kesadaran dirinya rendah, didapati tentang kemampuan siswa untuk mengendalikan diri atau memonitor diri, yang biasanya tidak berkembang dengan baik, yang ditunjukkan dengan beberapa perilaku yang tidak menyenangkan seperti minimnya empati terhadap kesulitan yang dihadapi oleh orang lain. Ketidaksesuaian perkembangan ini dikaitkan dengan tekanan kehidupan remaja, kualitas interaksi sosial seperti hubungan yang sulit dengan teman atau orang tua, dan transisi sekolah yang mempengaruhi penyesuaian diri remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif teknik brainstorming dengan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kesadaran diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Balen dengan jumlah populasi 200 siswa, penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil sebanyak 138. Wawancara, observasi, dan skala kesadaran diri digunakan untuk mengumpulkan data. Jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pre-experimental design one-group pretest-posttest design. Data dianalisi menggunakan Berdasarkan hasil dari pre-test tersebut diketahui bahwa rata-rata siswa berada dalam kategori lebih rendah dengan jumlah presentase 49,23%. Namun, hasil post-test siswa rata-rata berada di kelas atas dengan presentase 80,90%. Berdasarkan nilai kedua tes, kita dapat mengetahui bahwa ada peningkatan yang signifikan sebesar 31,66%. Hasil uji Paired T menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test; nilai signifikansi dua-tailed adalah 0.000, yang berarti bahwa p adalah kurang dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Balen telah meningkatkan kesadaran diri mereka melalui penggunaan metode brainstorming yang efektif bersama dengan layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Brainstorming, Kesadaran Diri |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | VINA MIRATUL MUNIROH |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:59 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI NIDN0711118702 Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6156 |