ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PILIHAN PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL TWITTER/X MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Ardiansah, Riski (2024) ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PILIHAN PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL TWITTER/X MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2024 ini dilakukan pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia. Sebagai seorang politikus ingin maju untuk mencalonkan diri atau di calonkan partai menjadi Calon Presiden dan Wakil Calon Presiden Indonesia, tentu akan mempertimbangkan tingkat popularitas berdasarkan komentar masyarakat di sosial media tentunya salah satunya yaitu twitter. Twitter merupakan salah satu media sosial terpopuler yang berperan sebagai wadah komunikasi di masyarakat. Pada Penelitian ini menggunakan algoritma naive bayes yang terbukti efektif dalam melakukan analisis sentimen terhadap opini publik. Pada penelitian ini data yang digunakan diperoleh dari Twitter melalui teknik pengambilan data yang dilakukan melalui API Twitter, Setelah melakukan crawling pada Twitter/X dengan topik pilihan presiden di Indonesia tahun 2024. Menurut perhitungan algoritma naive baiyes menghasilkan Tingkat akurasi 84.10% dari data training 90% dan data testing 10%, sedangkan jumlah data training dan data testing lainnya lebih rendah nilai akurasinya. dalam mengklasifikasikan sentimen sebagai positif, negatif. Hasil ini menunjukkan bahwa Naive Bayes merupakan alat yang berguna untuk memahami dinamika sentimen publik.

Kata Kunci : Analisis Sentimen, Algoritma Naive Bayes

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Algoritma Naive Bayes
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Riski Ardiansah
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:08
Last Modified: 15 Aug 2024 07:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Jauhar Vikri, Muhammad
NIDN0712078803
Thesis advisor
Sulistiawan, Agus
NIDN07242099101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item
View Item