PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA ALJABAR

ZAHRO, SEFIATUS (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA ALJABAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV  .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidik harus memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan jumlah bahan ajar yang masih terbatas, peserta didik mengalami sedikit banyak kesulitan dalam matematika salah satunya adalah materi aljabar, hasil belajar belum optimal masih dibawah KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) dan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Salah satu kegiatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik adalah melalui model belajar sambil bermain. Model pembelajaran yang menggunakan permainan adalah model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament), yang melibatkan seluruh peserta didik dalam permainan tanpa memandang perbedaan. Dalam proses pembelajaran ini peserta didik akan melalui proses belajar dengan semangat tersendiri karena di dalam TGT terdapat 5 tahapan yaitu presentasi kelas, pembentukan kelompok dalam belajar, games dan turnament serta penghargaan kelompok. Proses pembelajaran ini membuat peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi, kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan karena terdapat permainan dan turnamen, dan salah satunya keberanian mengutarakan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan modul berbasis TGT sebagai implementasi pembelajaran kurikulum merdeka pada aljabar dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul berbasis TGT sebagai implementasi pembelajaran kurikulum merdeka pada aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development model ADDIE yang terdiri dari 5 fase yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menggunakan uji coba skala kecil dengan 32 peserta didik. Hasil penelitian memperoleh skor rata-rata kevalidan dari ahli modul yaitu 92,97% dengan kategori “modul sangat valid” dan memperoleh skor kelayakan dari peserta didik yaitu 86% dengan kategori “modul sangat layak”. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Teams Games Tournament (TGT) valid dan layak digunakan peserta didik pada proses pembelajaran secara mandiri dan kelompok.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, TGT (Teams Games Tournament), Aljabar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 512 Aljabar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email 3420200134@unugiri.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:42
Last Modified: 13 Aug 2024 03:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SARI, ASTRID CHANDRA
NIDN0721059101
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5909

Actions (login required)

View Item
View Item