KEEFEKTIFAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA SMP NEGERI 6 BOJONEGORO

RAHMA DINI, NAMI CAHYA (2024) KEEFEKTIFAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA SMP NEGERI 6 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prososial adalah sikap atau tindakan responsif yang menyenangkan hati seseorang dengan tulus. Suasana hati adalah gambaran perasaan atau emosi dalam jiwa yang tidak menentu dan dapat berubah-ubah, remaja milenial di era digital memiliki perilaku prososial yang rendah hingga cenderung malas untuk menolong sesama pada lingkungan sekitar. Oleh karena itu perilaku prososial dalam diri siswa sangatlah penting ditanamkan agar dapat tercapai perkembangan sosial yang optimal sebagai remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keefektifan teknik kontrak perilaku (behavioral contract) yang diterapkan melalui bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku prososial di kalangan siswa SMP Negeri 6 Bojonegoro. Perilaku prososial, yang mencakup tindakan-tindakan seperti berbagi, bekerjasama, menolong, jujur,dan dermawan adalah komponen penting dalam perkembangan sosial dan emosional siswa. Teknik behavioral contract dipilih karena pendekatan ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menetapkan tujuan dan konsekuensi dari perilaku mereka, yang diharapkan dapat memotivasi perubahan positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat rendahnya perilaku prososial siswa SMP Negeri 6 bojonegoro yaitu 1,8% kategori rendah, 46% kategori sedang dan 52,2% kategori tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode pre-experimental design, desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yang diartikan sebagai perbandingan sebelum dan sesudah diberikan layanan. Dimana penelitian ini melibatkan 10 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah pemberian pre-test bahwasannya skor perilaku prososial mengalami peningkatan yang awalnya 148,2 (kriteria rendah) setelah diberikan layanan menjadi 186 (dengan kriteria tinggi). Meningkatnya sebesar 37,8. dan dari hasil uji t menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan post-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) p = 0.000 < 0.05 dengan arti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan tingkat perilaku prososial sebelum dan sesudah diberikan treatment bimbingan kelompok menggunakan teknik behavioral contract.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Behavioral Contract, Bimbingan Kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nami Cahya Rahma Dini
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:34
Last Modified: 12 Aug 2024 02:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ayu Distira, Riski Putra
NIDN0702019301
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5802

Actions (login required)

View Item
View Item