KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN

Zuhriyah, Siti Umi (2021) KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan efikasi diri yang rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Negeri Balen yang ditandai dengan perilaku seperti kurangnya keyakinan, sering cemas dalam mengambil keputusan dan memiliki keraguan. hal ini berdasarkan hasil observasi, wawancara serta penyebaran angket skala efikasi diri sebagai pre-test. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui keefektifan teknik diskusi untuk meningkatkan efikasi diri siswa. Metode penelitian yang pakai adalah pre eksperiment dengan one group pretest – postes Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Negeri Balen Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui instrumen skala efikasi diri. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membedakan nilai pre test dan post-test. Dari hasil penelitian ini membuktikan efikasi diri siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Negeri Balen sebelum diberikan perlakuan dengan teknik diskusi berada pada kategori rendah dengan presentase 56.8% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik diskusi terjadi peningkatan menjadi kategori sedang dengan presentase rata-rata 81,1.% perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan setelah diberikan treatment rata-rata 22.3%. Maka, dapat menyimpulkan terdapat selilish antara pre-test dan post-test, artinya bimbingan kelompok teknik diskusi efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Diskusi, Efikasi Diri
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:21
Last Modified: 05 Apr 2022 06:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item
View Item