AHMAD, DHANI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS CONCEPT MAPS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI SEJARAH ISLAM DI INDONESIA KELAS IX DI MTS SALAFIYAH PRAMBIN TERGAYANG TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (620kB)
Awalan.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (803kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (694kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis peta konsep (concept maps) dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, khususnya materi Sejarah Islam di Indonesia. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX di salah satu sekolah swasta MTs Salafiyah IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian berupa tes pemahaman materi dan angket respons siswa terhadap penggunaan peta konsep dalam pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kelas yang menggunakan bahan ajar berbasis peta konsep dan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, penelitian survei dalam evaluasi untuk membuat pencanderaan secara sistematis, faktual, dan akurat terhadap fakta�fakta serta sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman belajar siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis peta konsep dibandingkan dengan siswa yang menggunakan bahan ajar konvensional. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan peta konsep dalam pembelajaran juga sangat positif, menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terbantu dalam memahami materi Sejarah Islam di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Concept Maps, Meningkatkan Pemahaman Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DHANI AHMAD |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:50 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 Thesis advisor MUTHI'UDDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5670 |