NASIRUDDIN (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDIFERENSIASI BEBASIS APLKASI KHAZANAH ISLAM DI SMP NEGERI 1 BAURENO DAN SMP NEGERI 1 KANOR BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER TESIS.pdf
Download (379kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (522kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (613kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (225kB)
daftar pustaka.pdf
Download (475kB)
Lampiran 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (619kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan aspek kehidupan yang paling penting, terutama pendidikan Islam yang mengarah pada perkembangan kemampuan manusia di dunia dan untuk tujuan akhirat. dalam proses pembelajaran terdapat beberapa metode salah satunya pembelajaran berdiferensiasi yaitu proses belajar mengajar menyesuaikan kemampuan, minat, dan kebutuhan siswa, disamping manfaat yang dimunculkan, muncul beberapa permasalahan, sehubungan dengan itu muncul satu aplikasi yang dapat membantu proses pendidikan berdiferensiasi khususnya untuk pendidikan agama Islam yaitu aplikasi Khazanah Islam, maka peneliti ingin mengungkap bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam berdiferensiasi berbasis aplikasi Khazanah Islam Di SMP Negeri 1 Baureno Dan SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kuasi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data hermeneutik yaitu memberikan interpretasi sesuai konteks yang sedang berlangsung, diawali dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu guru PAI dan kepala sekolah SMP Negeri 1 Baureno dan SMP Negeri 1 Kanor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan Aplikasi Khazanah Islam dikategorikan dalam diferensiasi konten dengan tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, ketercapaian Pembelajaran dengan Aplikasi Khazanah Islam termasuk efektif jika ditinjau dari sudut pandang peserta didik, karena dapat meningkatan pemahaman peserta didik pada materi Pendidikan agama islam yang disampaiakan sebagai bentuk dari tujuan Pendidikan akal, namun jika ditinjau dari segi waktu dan cara penggunaanya, aplikasi ini masih kurang efektif karena membutuhkan lebih banyak waktu dalam persiapanya, dan aplikasi berat dijalankan sehingga terkadang perangkat tidak respon dan membembutuhkan beberapa saat untuk menunggu aplikasi kembeli normal.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diferensiasi, Pendidikan Agama Islam, Khazanah Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nasiruddin Nasiruddin |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028600 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5647 |