ROSIANA, KARTIKA ELLEN (2024) KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (98kB)
HALAMAN PENGANTAR.pdf
Download (518kB)
BAB I.pdf
Download (222kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (91kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (308kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas atau menghadapi situasi tertentu sesuai dengan kemampuan mereka. Kepercayaan diri terdiri dari lima komponen utama: optimisme, objektivitas, rasionalitas, tanggung jawab, dan keyakinan diri. Permasalahan terkait rendahnya percaya diri siswa di sekolah masih sangat tinggi, apabila tidak segera ditangani maka akan menjadi permasalahan baru seperti kasus mencontek di sekolah, bullying dan bunuh diri. Untuk mengatasi hal tersebut maka sangat penting bagi konselor sekolah untuk memperhatikan percaya diri pada siswanya melalui layanan bimbingan kelompok. Pada penelitian ini dilakukan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan panduan pelatihan permainan kartu Truth Or Dare untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif buku panduan pelatihan permainan kartu Truth or Dare untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan model true eksperiment dengan rancangan pretest posttest group design. Dengan model pemilihan sampel menggunakan random sampling. Jumlah populasi penelitian ini yaitu 505 siswa dengan jumlah sampel 205 siswa. Dari 205 siswa yang telah diberikan pretest maka diambil 24 anak dengan kategori percaya diri rendah. 24 siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri atas 12 siswa menjadi kelompok eksperimen dan 12 siswa lainnya menjadi kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan sebanyak 15%, dari hasil pretest sebesar 61% menjadi 76% setelah diberikan layanan. Sebaliknya, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai pretest dan posttest 70% sama. Sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima dan dinyatakan bahwa Panduan Pelatihan Permainan Kartu Truth Or Dare untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa SMP dinyatakan efektif untuk digunakan sebagai media layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panduan Pelatihan Permainan Kartu Truth or Dare, Percaya Diri, Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Ellen Kartika Rosiana |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5608 |