PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI RANTAI MAKANAN IPA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TEMAYANG

MAGFIRROH, AULIA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI RANTAI MAKANAN IPA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TEMAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sains memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berpengatuhan luas dan siap menghadapi tantangan masa depan. Pembelajaran yang inovatif perlu dirancang untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Namun terdapat perbedaan kebutuhan belajar dan rendahnya literasi sains pada peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam dan pembelajaran yang menyenangkan seperti pembelajaran berdiferensiasi berbasis edutainment yang akan diteliti oleh peneliti yang bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dalam peningkatan kemampuan literasi sains pesert didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan jenis Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket, tes, dan dokumentasi. Tes dikembangakan dengan 3 indikator literasi sains yaitu menjelaskan fenomena ilmiah, menginterprestasikan bukti ilmiah, dan mengenali isu-isu ilmiah. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi dengan Independent Sample T-test. Sampel penelitian adalah 17 peserta didik kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 17 peserta didik kelas 5B sebagai kelas kontrol di MI Nurul Huda Temayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan berdiferensiasi berbasis edutainment lebih meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Dapat dilihat dari hasil tes kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,4 dengan nilai tertinggi 90 sementara kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 81,4 dengan niali tertinggi 100. Hal ini dibuktikan juga dari hasil uji t yang menunjukkan signifikan 0,05 yaitu nilai Sig. lebih kecil dari nilai alpha (0,002 < 0,05). Dari hasil tersebut maka disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis edutainment terhadap kemampuan literasi sains pada materi rantai makanan IPA siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Temayang.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Pembelajaran Berdiferensiasi, Edutainmnet
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: aulia magfirroh
Date Deposited: 03 Aug 2024 01:57
Last Modified: 03 Aug 2024 01:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
NIDN2108089102
Thesis advisor
YULIA, NURUL MAHRUZAH
NIDN0722079501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item
View Item