MAGFIRROH, AULIA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI RANTAI MAKANAN IPA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TEMAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (499kB)
AWALAN.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (740kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan sains memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berpengatuhan luas dan siap menghadapi tantangan masa depan. Pembelajaran yang inovatif perlu dirancang untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Namun terdapat perbedaan kebutuhan belajar dan rendahnya literasi sains pada peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam dan pembelajaran yang menyenangkan seperti pembelajaran berdiferensiasi berbasis edutainment yang akan diteliti oleh peneliti yang bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dalam peningkatan kemampuan literasi sains pesert didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan jenis Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket, tes, dan dokumentasi. Tes dikembangakan dengan 3 indikator literasi sains yaitu menjelaskan fenomena ilmiah, menginterprestasikan bukti ilmiah, dan mengenali isu-isu ilmiah. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi dengan Independent Sample T-test. Sampel penelitian adalah 17 peserta didik kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 17 peserta didik kelas 5B sebagai kelas kontrol di MI Nurul Huda Temayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan berdiferensiasi berbasis edutainment lebih meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Dapat dilihat dari hasil tes kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,4 dengan nilai tertinggi 90 sementara kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 81,4 dengan niali tertinggi 100. Hal ini dibuktikan juga dari hasil uji t yang menunjukkan signifikan 0,05 yaitu nilai Sig. lebih kecil dari nilai alpha (0,002 < 0,05). Dari hasil tersebut maka disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis edutainment terhadap kemampuan literasi sains pada materi rantai makanan IPA siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Temayang.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Pembelajaran Berdiferensiasi, Edutainmnet |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | aulia magfirroh |
Date Deposited: | 03 Aug 2024 01:57 |
Last Modified: | 03 Aug 2024 01:57 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA'DIYAH, ZUMROTUS NIDN2108089102 Thesis advisor YULIA, NURUL MAHRUZAH NIDN0722079501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5568 |