PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI GIMKIT PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAM SOKOSARI

NURHAYATI, INDAH (2024) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI GIMKIT PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAM SOKOSARI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan alat evaluasi berbasis online pada saat ini merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui peningkatan mutu pembelajaran dan mutu penilaian. Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil evaluasi. Maka dari itu, diperlukannya pemanfaatan alat evaluasi berbasis online yang sudah ada, sehingga dapat dikembangkan dalam evaluasi pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran dengan aplikasi Gimkit pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Tarbiyatul Islam Sokosari, dan (2) Mengetahui hasil pengembangan alat evaluasi dengan aplikasi Gimkit pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Tarbiyatul Islam Sokosari. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R&D) dengan model 4D terdiri dari empat tahap utama, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Hasil pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi Gimkit pada mata pelajaran IPAS Kelas IV berupa alat evaluasi dengan jenis soal literasi membaca dengan jumlah 20 soal pilihan ganda, dan alat evaluasi dinyatakan layak digunakan dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli tampilan dengan persentase 94% kategori sangat layak, ahli soal dengan dengan persentase 92% kategori sangat layak serta respon dari siswa dengan persentase 93% kategori sangat layak.
Kata Kunci : Alat Evaluasi,IPAS, Aplikasi Gimkit

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat Evaluasi,IPAS,Aplikasi Gimkit
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Nurhayati
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:00
Last Modified: 01 Aug 2024 02:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA`DIYAH, ZUMROTUS
NIDN2108089102
Thesis advisor
ROFI`AH, FIRDA ZAKIYATUR
NIDN2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5545

Actions (login required)

View Item
View Item