SARI, DEFI PUSPITA (2024) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF DENGAN APLIKASI NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIKAP BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS IV MINU UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (299kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (967kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (648kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (332kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran pendidikan pancasila di MINU Unggulan Sukorejo Bojonegoro bahwa “Pembelajaran pendidikan pancasila masih menggunakan bahan ajar dari LKS dan buku siswa. media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya menggunakan smart TV yang ada dikelas”. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui Proses Pengembangan LKPD Interaktif dengan Aplikasi Nearpod untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas IV. 2) Untuk mengetahui hasil Pengembangan LKPD Interaktif dengan Aplikasi Nearpod untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas IV. 3) Untuk mengetahui keefektifan LKPD Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas IV. Penelitian ini menggunkan metode R&D (Research and Development), dengan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan Tes. Teknik analisis data meliputi uji validasi oleh ahli. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru pendidikan pancasila dan siswa kelas IV MINU Unggulan Sukorejo Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari para ahli. Berdasarkan validasi ahli media mendapatkan 86% kriteria sangat baik, kemudian validasi bahasa mendapat 96% kriteria sangat baik, dan validasi materi mendapat 94% kategori sangat layak serta analisis respon siswa uji coba kelompok kecil mendapatkan 86,4% kategori sangat efektif dan uji coba kelompok besar mendapat 89% kategori sangat efektif Tingkat keefektifan produk mendapatkan uji coba kecil mendapatkan nilai uji N gain 0,64 masuk kategori tinggi dan uji N gain % mendapat nilai 64,19 % dengan kategori cukup efektif dan untuk uji coba kelompok besar mendapat nilai uji N gain 0,88 kategori tinggi dan uji N gain % mendapat nilai 87.80 % kategori efektif masuk dalam kategori cukup efektif . Maka dengan ini dinyatakan layak/valid.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Nearpod, Kelas IV MI, LKPD Interaktif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DEFI PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:17 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 Thesis advisor Suttrisno, Suttrisno NIDN0717069401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5526 |