PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF DENGAN APLIKASI NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIKAP BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS IV MINU UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO

SARI, DEFI PUSPITA (2024) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF DENGAN APLIKASI NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIKAP BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS IV MINU UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran pendidikan pancasila di MINU Unggulan Sukorejo Bojonegoro bahwa “Pembelajaran pendidikan pancasila masih menggunakan bahan ajar dari LKS dan buku siswa. media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya menggunakan smart TV yang ada dikelas”. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui Proses Pengembangan LKPD Interaktif dengan Aplikasi Nearpod untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas IV. 2) Untuk mengetahui hasil Pengembangan LKPD Interaktif dengan Aplikasi Nearpod untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas IV. 3) Untuk mengetahui keefektifan LKPD Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas IV. Penelitian ini menggunkan metode R&D (Research and Development), dengan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan Tes. Teknik analisis data meliputi uji validasi oleh ahli. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru pendidikan pancasila dan siswa kelas IV MINU Unggulan Sukorejo Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari para ahli. Berdasarkan validasi ahli media mendapatkan 86% kriteria sangat baik, kemudian validasi bahasa mendapat 96% kriteria sangat baik, dan validasi materi mendapat 94% kategori sangat layak serta analisis respon siswa uji coba kelompok kecil mendapatkan 86,4% kategori sangat efektif dan uji coba kelompok besar mendapat 89% kategori sangat efektif Tingkat keefektifan produk mendapatkan uji coba kecil mendapatkan nilai uji N gain 0,64 masuk kategori tinggi dan uji N gain % mendapat nilai 64,19 % dengan kategori cukup efektif dan untuk uji coba kelompok besar mendapat nilai uji N gain 0,88 kategori tinggi dan uji N gain % mendapat nilai 87.80 % kategori efektif masuk dalam kategori cukup efektif . Maka dengan ini dinyatakan layak/valid.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Nearpod, Kelas IV MI, LKPD Interaktif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DEFI PUSPITA SARI
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:17
Last Modified: 31 Jul 2024 05:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rofi'ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
NIDN0717069401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item
View Item