KAFINDOH, SITI NUR (2024) EFEKTIVITAS MEDIA FLIPBOOK BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MUHAJIRIN NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (821kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (564kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Anak Usia Dini memerlukan stimulasi yang tepat dan media yang tepat dan menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan media flipbook berbasis digital. Media ini dapat menstimulus perkembangan kemampuan membaca anak. Perkembangan kemampuan membaca merupakan hal yang perlu diperhatikan pada anak usia dini. Dengan menggunakan media flipbook berbasis digital lebih efisien waktu dan melalui media flipbook berbasis digital juga akan mewujudkan tujuan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen one group pretest-posttest design. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, instrument penelitian, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di TK Al-Muhajirin Ngumpakdalem Dander Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan data tidak berdistribusi normal, maka uji hipotesis dilanjutkan dengan analisis menggunakan uji Wilcoxon. Peneliti menggunakan uji Wilcoxon dengan SPSS 25. Jika nilai Asymp.Sig. <0.05, maka Ha diterima, jika nilai Asymp.Sig. >0.05, maka Ho ditolak. Berdasarkan Output “Test Statistics” diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Maka penggunaan media flipbook berbasis digital terhadap kemampuan membaca anak efektif. Dengan perolehan hasil tes awal (pretest) 62% untuk kategori “RENDAH” dan 38% untuk kategori “SEDANG”. Sedangkan untuk tes akhir (posttest) 18% untuk kategori “SEDANG” dan 82% untuk kategori “TINGGI”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca,Media Flipbook |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | SITI NUR KAFINDOH |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 06:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 06:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Utsman, Ahmad Farid NIDN2113049001 Thesis advisor Kusna, Siti Labiba NIDN2120018702 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5473 |