EFEKTIVITAS MEDIA FLIPBOOK BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MUHAJIRIN NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO

KAFINDOH, SITI NUR (2024) EFEKTIVITAS MEDIA FLIPBOOK BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MUHAJIRIN NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Anak Usia Dini memerlukan stimulasi yang tepat dan media yang tepat dan menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan media flipbook berbasis digital. Media ini dapat menstimulus perkembangan kemampuan membaca anak. Perkembangan kemampuan membaca merupakan hal yang perlu diperhatikan pada anak usia dini. Dengan menggunakan media flipbook berbasis digital lebih efisien waktu dan melalui media flipbook berbasis digital juga akan mewujudkan tujuan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen one group pretest-posttest design. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, instrument penelitian, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di TK Al-Muhajirin Ngumpakdalem Dander Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan data tidak berdistribusi normal, maka uji hipotesis dilanjutkan dengan analisis menggunakan uji Wilcoxon. Peneliti menggunakan uji Wilcoxon dengan SPSS 25. Jika nilai Asymp.Sig. <0.05, maka Ha diterima, jika nilai Asymp.Sig. >0.05, maka Ho ditolak. Berdasarkan Output “Test Statistics” diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Maka penggunaan media flipbook berbasis digital terhadap kemampuan membaca anak efektif. Dengan perolehan hasil tes awal (pretest) 62% untuk kategori “RENDAH” dan 38% untuk kategori “SEDANG”. Sedangkan untuk tes akhir (posttest) 18% untuk kategori “SEDANG” dan 82% untuk kategori “TINGGI”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca,Media Flipbook
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI NUR KAFINDOH
Date Deposited: 20 Jul 2024 06:30
Last Modified: 20 Jul 2024 06:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Utsman, Ahmad Farid
NIDN2113049001
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
NIDN2120018702
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item
View Item