HIDAYAH, LULUK NUR (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI MA MIFTAKHUL HUDA PURWOREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (64kB)
Awalan@.pdf
Download (657kB)
Bab 1.pdf
Download (366kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB) | Request a copy
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB) | Request a copy
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB) | Request a copy
bab 5.pdf
Download (310kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (387kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Self Esteem adalah evaluasi individu terhadap dirinya baik itu berupa penilaian secara positif ataupun negatif yang mana akan berpengaruh pada tingkah laku, sikap dan emosi seseorang.Harga diri rendah akan menyulitkan peserta didik dalam kehidupanya dari sosial hingga belajar. Self esteem yang rendah masih terdapat pada peserta didik di MA Miftakhul Huda Purworejo sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi harga diri rendah melalui bimbingan kelompok dengan teknik self instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction untuk meningkatkan self esteem peserta didik di MA Miftahul Huda Purworejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang keefektivan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction untuk meningkatkan self esteem peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu angket tentang harga diri, wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil data yang diperoleh dari penelitian, bahwasanya rata-rata tingkat Self esteem siswa siswa MA Miftahul Huda Purworejo rendah yaitu 46% menjadi tinggi dengan rata-rata 84 %Berdasarkan hasil pre-test dan post-test setelah diberikan treatment menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction, dari hasil rata-rata antara pre-test dan post-test terdapat selisih 37% Sehingga dari selisih hasil rata-rata tersebut dapat dibuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction efektif untuk meningkatkan self esteem siswa MA Miftakhul Huda Purworejo.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, self instruction, self esteem |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Luluk Nur Hidayah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti NIDN0711118702 Thesis advisor Distira, Riski Putra Ayu NIDN0702019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4631 |