EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PONPES AR-RIDWAN AL-MALIKY BOJONEGORO

Duja, Hafshah Inarotud (2023) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PONPES AR-RIDWAN AL-MALIKY BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi menghafal al-qur’an adalah suatu dorongan yang mampu menjadikan seseorang berusaha untuk menghafalkan al-qur’an meski akan selalu ada tantangan yang menghampiri. motivasi rendah akan menyulitkan peserta didik dalam menghafal al-qur’an. Motivasi mengahfal al-qur’an yang rendah masih terdapat pada peserta didik di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi motivasi rendah melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an peserta didik di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu angket tentang motivasi menghafal al-qur’an, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh dari penelitian, bahwasanya rata-rata tingkat motivasi menghafal siswa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro rendah yaitu 40% menjadi tinggi dengan rata-rata 61% Berdasarkan hasil pre-test dan post-test setelah diberikan treatment menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, dari hasil rata-rata antara pre-test dan post-test terdapat selisih 21% Sehingga dari selisih hasil rata-rata tersebut dapat dibuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an siswa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, problem solving, motivasi
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Hafshah Inarotud Duja
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:12
Last Modified: 25 Sep 2023 03:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
UNSPECIFIED
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item
View Item