Duja, Hafshah Inarotud (2023) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PONPES AR-RIDWAN AL-MALIKY BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (77kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (774kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (913kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (495kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (400kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (482kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Motivasi menghafal al-qur’an adalah suatu dorongan yang mampu menjadikan seseorang berusaha untuk menghafalkan al-qur’an meski akan selalu ada tantangan yang menghampiri. motivasi rendah akan menyulitkan peserta didik dalam menghafal al-qur’an. Motivasi mengahfal al-qur’an yang rendah masih terdapat pada peserta didik di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi motivasi rendah melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an peserta didik di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu angket tentang motivasi menghafal al-qur’an, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh dari penelitian, bahwasanya rata-rata tingkat motivasi menghafal siswa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro rendah yaitu 40% menjadi tinggi dengan rata-rata 61% Berdasarkan hasil pre-test dan post-test setelah diberikan treatment menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, dari hasil rata-rata antara pre-test dan post-test terdapat selisih 21% Sehingga dari selisih hasil rata-rata tersebut dapat dibuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an siswa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ar-Ridwan Al-Maliky Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, problem solving, motivasi |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Hafshah Inarotud Duja |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 03:12 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:12 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Novitasari, Zeti NIDN0711118702 UNSPECIFIED Efendi, Moh. Yusuf NIDN0706018902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4615 |