AMALA, LUTVIA NUR (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (480kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (705kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (806kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (897kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (462kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (695kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran matematika peserta didik yang ditemukan, yaitu masih banyak proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam belajar bahkan sumber belajar yang digunakan pada materi lingkaran masih berpatokan pada bahan ajar dari pemerintah. Buku tersebut hanya menyediakan dasar teori dan soal-soal serta tidak dirancang dengan model pembelajaran tertentu. Sehingga perlu dimunculkan dengan membuat suatu desain produk yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang efektif agar tujuan dari pembelajaran dapat dicapai. Penelitian ini menghasilkan modul matematika berbasis Project Based Learning (PjBL) dan mendeskripsikan kualitas modul matematika ditinjau dari kualitas kevalidan dan kelayakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis (Analysis), perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi dan analisis kelayakan. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Plus Al-Fatimah, Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kevalidan modul berdasarkan rata-rata penilaian dosen ahli materi adalah 73,3% termasuk kriteria valid, sedangkan berdasarkan rata-rata penilaian ahli media adalah 84% termasuk kriteria sangat valid. (2) kelayakan modul berdasarkan rata-rata hasil angket respon siswa melalui angket skala kecil adalah 80,17% termasuk kriteria sangat layak, dan angket skala besar adalah 82% termasuk kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data, modul pembelajaran pada materi lingkaran dengan menggunakan model Project Based Learning untuk siswa SMP kelas VIII layak digunakan sebagai bahan ajar matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Project Based Learning, Materi Lingkaran, Model ADDIE |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lutvia Nur Amala |
Date Deposited: | 23 Sep 2023 09:24 |
Last Modified: | 23 Sep 2023 09:24 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kurniawati, Naning NIDN0718098503 Thesis advisor Cindarbumi, Festian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4614 |