EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTS MATHOLIUL FALAH SIMO SOKO TUBAN

SAPUTRO, MUHAMMAD YOGI (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTS MATHOLIUL FALAH SIMO SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of AWALAN (1).pdf] Text
AWALAN (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap siswa yang belajar pasti mengingikan tingkat kedisiplinan yang tinggi Namun fakta nya banyak siswa yang masih memiliki kedisiplinan yang rendah. Seringkali siswa melanggar peraturan tatatertib yang ada di kelas, di luar kelas maupun dirumah. Hal ini dikarenakan, mereka belum paham arti dari kedisiplinan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan pada siswa MTs Matholiul Falah Simo. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala Kedisiplinan dengan sampel 180 responden dan di uji analisis data menggunakan SPSS 2.6. sehingga diperoleh 10 sampel yang dijadikan anggota Bimbingan kelompok. Hasil tingkat Kedisiplinan kategori tinggi sbesar 12% sedang 88% dan rendah 0%. Adapun klasifikasi berdasarkan aspek dikelas sebesar 51%, diluar kelas sebesar 30% dan dirumah sebesar 19%. Setelah dilakukan treatment Bimbingan kelompok, hasil posttest Kedisiplinan meningkat 30%. Dilakukan uji normalitas shapiro-wilk sig menunjukan nilai yaitu 0,081 dan 0,942 yang artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05 sehingga data dapat dinyatakan normal. Adapun hasil uji paired sample t-test adalah 0.000 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan diterima. Hasil uji paired sample t-test per aspek menunjukan efektivitas pada setiap aspek magnitude, aspek streght dan aspek generality memperoleh hasil 0.000 yang berarti >0,05 dinyatakan efektif. Penelitian Teknik Sosiodrama dengan Bimbingan Kelompok terbukti efektif untuk meningkatkan Kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: MUHAMMAD YOGI SAPUTRO
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:12
Last Modified: 22 Sep 2023 03:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
DISTIRA, RISKI PUTRA AYU
NIDN0702019301
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4547

Actions (login required)

View Item
View Item