SAPUTRO, MUHAMMAD YOGI (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTS MATHOLIUL FALAH SIMO SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (169kB)
AWALAN (1).pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (386kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (896kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (250kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (359kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Setiap siswa yang belajar pasti mengingikan tingkat kedisiplinan yang tinggi Namun fakta nya banyak siswa yang masih memiliki kedisiplinan yang rendah. Seringkali siswa melanggar peraturan tatatertib yang ada di kelas, di luar kelas maupun dirumah. Hal ini dikarenakan, mereka belum paham arti dari kedisiplinan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan pada siswa MTs Matholiul Falah Simo. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala Kedisiplinan dengan sampel 180 responden dan di uji analisis data menggunakan SPSS 2.6. sehingga diperoleh 10 sampel yang dijadikan anggota Bimbingan kelompok. Hasil tingkat Kedisiplinan kategori tinggi sbesar 12% sedang 88% dan rendah 0%. Adapun klasifikasi berdasarkan aspek dikelas sebesar 51%, diluar kelas sebesar 30% dan dirumah sebesar 19%. Setelah dilakukan treatment Bimbingan kelompok, hasil posttest Kedisiplinan meningkat 30%. Dilakukan uji normalitas shapiro-wilk sig menunjukan nilai yaitu 0,081 dan 0,942 yang artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05 sehingga data dapat dinyatakan normal. Adapun hasil uji paired sample t-test adalah 0.000 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan diterima. Hasil uji paired sample t-test per aspek menunjukan efektivitas pada setiap aspek magnitude, aspek streght dan aspek generality memperoleh hasil 0.000 yang berarti >0,05 dinyatakan efektif. Penelitian Teknik Sosiodrama dengan Bimbingan Kelompok terbukti efektif untuk meningkatkan Kedisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | MUHAMMAD YOGI SAPUTRO |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 03:12 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 03:12 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor DISTIRA, RISKI PUTRA AYU NIDN0702019301 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4547 |