PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS ISLAMIYAH KUNIRAN

RUDIANTO, AHMAD (2023) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS ISLAMIYAH KUNIRAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar adalah daya penggerak atau pendobrak dari dalam diri siswa yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga siswa mampu mencapai tujuan yang dikehendakinya. Dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tingkat motivasi belajar pada siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kuniran sebelum (pra siklus) dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok metode discovery learning. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara serta refleksi dari kondisi awal (pra siklus), siklus I, dan siklus II. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar setelah pemberian layanan menggunakan bimbingan kelompok dengan metode discovery learning. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti bahwa pada hasil pra siklus mendapatkan skor rata-rata 15.0 dengan kategori “sangat kurang”, pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata 17,2 dengan kategori “kurang”, dan pada siklus 2 memperoleh skor 26.3 dengan kategori “baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah agar bisa dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pihak sekolah untuk membekali siswa dalam hal meningkatkan motivasi belajar, serta menjadi rujukan bagi siswa untuk membekali dirinya dengan berbagai informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Discovery Learning, Motivasi belajar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Ahmad Rudianto
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:01
Last Modified: 22 Sep 2023 02:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AFRILIYANTO, AGUS
NIDN0716048904
Thesis advisor
TAWAKKAL, M IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item
View Item