FAWAID, RIZQUL (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN SELF- DISCLOSURE TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA SMPN 1 TRUCUK BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (180kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (598kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (635kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (750kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (377kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (600kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perilaku asertif adalah suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dengan penuh percaya diri, tegas, jujur, dengan tetap menjaga perasaan orang lain. Perilaku asertif terkait dengan emosi, perasaan, pikiran, keinginan serta kebutuhan secara terbuka, jujur, tegas, dan mengungkapkan pendapatnya dengan tenang tanpa perasaan cemas dan tegang terhadap orang lain tanpa merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Aspek perilaku asertif mengutamakan kesetaraan dalam hubungan manusia, berkehendak menurut kemauan, pengekspresian perasaan secara jujur dan nyaman, penetapan hak pribadi dan tidak menyangkal hak-hak orag lain. Dampak negatifnya yaitu tidak memiliki ketegasan dan tanggung jawab, dapat mengakibatkan orang lain berkuasa terhadap diri kita, mengakibatkan munculnya perilaku agresif, tidak dapat berkembang menjadi lebih baik, merasa tertekan dan tidak bisa mengatasi permasalahan yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan self-disclosure technique untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa di SMPN 1 Trucuk. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitan pre-experimental design dengan bentuk desain one group pretest-posttest. Partisipan penelitian ini adalah siswa di SMPN 1 Trucuk dengan populasi 576, penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 236 sampel. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku asertif, observasi dan wawancara. Hasil uji validitas terdapat 45 item valid dengan nilai uji reliabilitas adalah 0,726 maka dikatakan reliable. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon peraspek secara keseluruhan diketahui bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0.005 <0,05 maka dinyatakan bimbingan kelompok dengan self-disclosure technique efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMPN 1 Trucuk Bojonegoro. Sedangkan dari hasil uji peraspek, aspek pertama diketahui nilai Sig 0,011 <0,05 maka dikatakan efektif untuk meningkatkan aspek mengutamakan kesetaraan dalam hubungan manusia, aspek kedua diketahui nilai Sig 0,075 >0,05 maka dinyatakan tidak efektif dalam meningkatkan berkehendak menurut kemauan, aspek ketiga diketahui nilai Sig 0,028 <0,05 maka dinyatakan efektif untuk meningkatkan aspek pengekspresian perasaan secara jujur dan nyaman, aspek keempat diketahui nilai Sig 0,08 <0,05 maka dinyatakan efektif untuk meningkatkan aspek penetapan hak pribadi, dan aspek kelima diketahui nilai Sig 0,011 <0,05 maka dinyatakan efektif untuk meningkatkan aspek tidak menyangkal hak-hak orag lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Disclosure Technique, Perilaku Asertif |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | RIZQUL FAWAID |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:08 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor RACHMAWATI, ULVINA NIDN0705069006 Thesis advisor SRIANTURI, YANUARI NIDN0717019401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4519 |