PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA

Affandy, M. Nizar (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku membolos Perilaku membolos dapat diartikan sebagai perilaku siswa yang tidak masuk sekolah karena alasan yang tidak tepat, atau bisa dikatakan ketidakhadiran siswa tanpa alasan yang jelas. Layanan Bimbingan kelompok adalah suatu cara pemberian bantuan atau bimbingan kepada individu atau siswa melalui kegiatan kelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik self management di dalamnya. Teknik Self management atau pengelolaan diri adalah suatu strategi pengubahan perilaku yang dalam prosesnya konseli mengarahkan perubahan perilakunya sendiri dengan suatu teknik atau kombinasi teknik teurapetik. Self Management merupakan hal penting yang dapat membantu seseorang untuk dapat memiliki kebiasaan yang baik bagi dirinya sendiri. Dari hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 4 siswa yang memiliki perilaku membolos sangat rendah dengan tingkat prosentase 5.7%. 28 Siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos rendah dengan prosentase 40%. 31 siswa yang memiliki perilaku membolos tinggi dengan prosentase 44.2%. 7 siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos sangat tinggi dengan prosentasi 10%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli mendia, dan uji ahli calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tesebut bahwa Panduan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa tersebut sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat menarik untuk mengurangi perilaku Membolos siswa. Dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Perilaku membolos
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: M. Nizar Affandy
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:57
Last Modified: 19 Sep 2023 06:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN0717019401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4427

Actions (login required)

View Item
View Item