LINANINGSIH, SITI NUR (2023) KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (16kB)
AWALAN.pdf
Download (748kB)
BAB I.pdf
Download (481kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (625kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (339kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (472kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada perilaku asertif siswa kelas XI MA Islamiyah Kedungjambe Singgahan Tuban yang rendah. Khususnya yang berkaitan dengan kemampuan mengungkapkan pikiran, gagasan maupun pendapat, serta mengekspresikan perasaan secara jujur, tegas dan nyaman. Hal ini berdampak pada kegiatan siswa khususnya kegiatan pembelajaran. Seperti tidak berani berpendapat, tidak berani menjawab pertanyaan dari guru, tidak berani bertanya ketika kurang memahami suatu hal, serta ketidakberanian menolak ajakan yang kurang layak seperti membolos. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini, yaitu untuk membantu siswa kelas XI di MA Islamiyah Kedungjambe Singgahan Tuban untuk dapat meningkatkan perilaku asertifnya yaitu tentang bagaimana caranya siswa dapat berperilaku tegas dengan memanfaatkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Dengan menggunakan dua kelompok sampel yaitu eksperimen dan kontrol yang pengambilan sampel masing─masing kelompok dilakukan tidak secara acak, namun berdasarkan kelas yang sudah ada sebelumnya. Kelompok eksperimen berjumlah 8 anggota yang akan diberikan intervensi dengan teknik modeling dalam bimbingan kelompok, sedangkan kelompok kontrol dengan 8 anggota tidak diberikan perlakuan apapun dan hanya dijadikan pembanding bagi kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest, kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan rata─rata kelompok eksperimen mendapat skor sebesar 148,62 atau 76% dan hasil rata─rata kelompok kontrol sebesar 120 atau 61%. Dari hasil rata─rata kedua kelompok terdapat selisih sebesar 28,62 atau 15% sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik modeling dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI di MA Islamiyah Kedungjambe Singgahan Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Modeling, Bimbingan kelompok, Perilaku asertif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Nur Linaningsih |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:57 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:57 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI NIDN0711118702 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4336 |