ATUN, ANA ANITA RIFA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR AUDITORI PADA MATERI ALJABAR SMP KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover pdf.pdf
Download (599kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
Bab 1.pdf
Download (534kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (852kB) | Request a copy
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (894kB) | Request a copy
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Bab 5.pdf
Download (513kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (567kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Kurikulum yang selalu berubah memiliki tujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Pemerintah menerapkan kurikulum merdeka belajar dimana pada pembelajarannya menekankan bahwa peserta didik belajar sesuai dengan gaya belajar yang di miliki. Oleh karena itu perlu adanya bahan ajar yang menyesuaikan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul matematika dengan gaya belajar auditori yang valid dan layak untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar auditori. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D (four – D). Model penelitian pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap 3D saja, yaitu define, design dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan / depan belakang untuk mengetahui kebutuhan peserta didik, analisis peserta didik yang dilakukan pada satu kelas dengan jumlah 32 peserta didik yang telah dikelompokkan sesuai dengan gaya belajarnya, yang kemudian diperoleh hasil 9 peserta didik dengan gaya belajar auditori, peserta didik inilah yang digunakan pada penelitian ini, analisis konsep yaitu menghasilkan konsep yang membahas materi aljabar dalam modul, analisis tugas yaitu terdapat 15 soal individu dan kunci jawaban setelahnya, dan perumusan tujuan pembelajaran yaitu didasarkan pada capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran kurikulum merdeka. Tahap kedua yaitu tahap design yang meliputi desain bahan ajar modul matematika dengan gaya belajar auditori, kemudian desain awal yang menghasilkan rancangan media yang digunakan untuk mendapat data yang dibutuhkan dalam proses pengembangan dan desain instrument kevalidan yang meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi serta instrument kelayakan. Tahap ketiga Pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahi materi dan lembar respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media diperoleh hasil bahwa modul matematika aljabar dengan gaya belajar auditori dinyatakan sangat valid dengan hasil skor rata – rata 4,8, dan dinyatakan valid dari ahli materi dengan skor rata – rata 3,47. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap modul matematika aljabar dengan gaya belajar auditori didapat bahwa bahan ajar modul yang dikembangkan sangat layak dengan hasil skor rata – rata yang diperoleh 4,6. Berdasarkan hal tersebut modul matematika aljabar dengan gaya belajar auditori yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditori, Gaya Belajar , Aljabar SMP |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 512 Aljabar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ana Anita Rifa Atun |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 05:45 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 05:45 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SARI, ASTRID CHANDRA NIDN0721059101 Thesis advisor ISMANTO, ISMANTO NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4064 |