Laili, Shofroul (2023) PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (212kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (736kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (874kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (984kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (586kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (706kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Education (RME), Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar
Media pembelajaran yang interaktif dan menarik yang dibutuhkan peserta didik sehingga, bisa meningkatkan dan mengarahkan perhatian peserta didik dan dapat menimbulkan motivasi belajar tidak jenuh serta diharapkan lebih mudah memahami isi materi. Powerpoint menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan karena sangat mudah penggunaannya oleh semua kalangan sehingga microsoft powerpoint ini banyak digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Media Powerpoint Interaktif Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balen, dengan pemilihan kelas VIII F dengan jumlah 33 siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensia yang meliputi uji normalitas, uji hipotesis (uji independent sample t-tes), dan uji N-Gain dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 25. Hasil perhitungan uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7446. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media powerpoint interaktif berbasis Realistic Mathematics Education (RME) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan kategori peningkatannya adalah “Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Powerpoint Interaktif, Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Shofroul Laili |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 06:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 06:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FITRI, ANISA NIDN0719049220 Thesis advisor ISMANTO, ISMANTO NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3911 |