PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Laili, Shofroul (2023) PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Education (RME), Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar
Media pembelajaran yang interaktif dan menarik yang dibutuhkan peserta didik sehingga, bisa meningkatkan dan mengarahkan perhatian peserta didik dan dapat menimbulkan motivasi belajar tidak jenuh serta diharapkan lebih mudah memahami isi materi. Powerpoint menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan karena sangat mudah penggunaannya oleh semua kalangan sehingga microsoft powerpoint ini banyak digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Media Powerpoint Interaktif Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balen, dengan pemilihan kelas VIII F dengan jumlah 33 siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensia yang meliputi uji normalitas, uji hipotesis (uji independent sample t-tes), dan uji N-Gain dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 25. Hasil perhitungan uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7446. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media powerpoint interaktif berbasis Realistic Mathematics Education (RME) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan kategori peningkatannya adalah “Tinggi”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Powerpoint Interaktif, Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Shofroul Laili
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:30
Last Modified: 13 Sep 2023 06:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049220
Thesis advisor
ISMANTO, ISMANTO
NIDN0709108004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item
View Item