Implementasi Metode Sosiodrama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 1 Dander Bojonegoro

Prestiawati, Ninis (2023) Implementasi Metode Sosiodrama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 1 Dander Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Awalan] Text
Awalan

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran merupakan sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode sosiodrama adalah metode pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk terlibat dalam kegiatan seperti pada kehidupan sosial. Sikap sosial yang masih menjadi problematika khususnya pada siswa SMP adalah sikap percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode sosiodrama pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk menumbuhkan sikap percaya diri siswa. Lokasi penelitian ini berada di SMP Negeri 1 Dander dengan objek yang diteliti adalah proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang menggunakan metode sosiodrama, penulis akan meneliti sikap percaya diri siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyampaikan gambaran materi yang akan didramakan, materi tentang menghindari gibah dan melaksanakan tabayun. Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan membuat naskah drama. Pada implementasi metode soisodrama, siswa secara bergantian menampilkan drama sesuai nomor urut kelompok. Kelompok lain diizinkan bertanya kepada kelompok yang bermain drama. Pada tahap evaluasi setiap kelompok mendiskusikan pertanyaan dan mempresentasikan didepan kelas. Siswa merasa mudah memahami materi yang disampaikan, dapat mengekspor kemampuannya, belajar berkomunikasi dengan baik dan dapat menumbuhkan sikap percaya diri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode sosiodrama, PAI dan Budi Pekerti, Sikap Percaya Diri
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ninis Prestiawati
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:39
Last Modified: 11 Sep 2023 07:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva Badi'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3630

Actions (login required)

View Item
View Item