MU'ANNISAH, LAILATUL (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI TPQ NURUL ULUM BANJARSARI BOJONEGORO PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN DI LINGKUNGAN EKS LOKALISASI KALISARI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf.pdf
Download (592kB)
AWALAN.pdf.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf.pdf
Download (751kB)
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (895kB) | Request a copy
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB) | Request a copy
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB) | Request a copy
BAB V.pdf.pdf
Download (419kB)
Daftar Pustaka.pdf.pdf
Download (535kB)
Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada saat ini kegiatan keagamaan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak masih sangat minim. Oleh karena itu, perlu adanya usaha yang dapat membantu peserta didik dalam menjalankan hidup yang sesuai dengan ajaran Islam yakni melalui pendidikan Islam. Salah satu lembaga yang memberikan pengajaran mengenai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada anak adalah melalui lembaga non formal yakni TPQ. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia dini sangatlah penting untuk diterapkan, terlebih bagi santri yang berada di lingkungan eks lokalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduction untuk merangkum hal-hal penting, data display untuk menyajikan data dalam bentuk uraian, dan conclusion drawing atau verification untuk menarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan di TPQ Nurul ULUM adalah nilai akidah, nilai syariah atau ibadah, dan nilai akhlak. Strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di TPQ Nurul Ulum adalah melalui metode keteladanan, metode pembiasaan,metode nasihat, metode demonstrasi, dan metode hukuman. Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di TPQ Nurul Ulum yaitu adanya kerjasama antara ustad dan ustadzah dengan wali santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya jumlah ustad dan ustadzah, sarana dan prasarana yang terbatas, semangat sebagian santri rendah, dan faktor pergaulan yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman nilai, nilai pendidikan Islam, TPQ |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lailatul Mu'annisah |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 Thesis advisor NISA', IDA FAUZIATUN NIDN2124129001 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3380 |