Adistya, Ananda Feby (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI KEBERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA BERBASIS NEARPOD UNTUK MENGOPTIMALKAN MODERASI BERAGAMA DI KELAS IV MI FATHUL ULUM SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (210kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (859kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (749kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (819kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (413kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (626kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Teknologi pendidikan merupakan bidang ilmu terapan yang menggabungkan secara sinergis beberapa disiplin ilmu dengan maksud untuk memudahkan terjadinya proses belajar, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan mutu pembelajaran. Permasalahan yang sering dihadapi dunia pendidikan adalah siswa cenderung ramai saat diterangkan, siswa gampang merasa bosan dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru, termasuk lemahnya sikap toleransi yang dimiliki siswa saat ini. Siswa masih sering terlibat dalam sebuah pertengkaran dengan masalah yang sepele. Siswa juga kurang bisa menerima pendapat teman yang bertentangan dengannya. Sikap tersebut menunjukkan bahwa kurang adanya sikap toleransi pada diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media interaktif materi keberagaman agama di Indonesia berbasis Nearpod (2) Mendeskripsikan efektivitas pengembangan media interaktif berbasis Nearpod untuk pengotimalan moderasi beragama di MI Fathul Ulum Sukosewu.
Peneliti menggunakan metode Research and Development (RND) dengan model penelitian ADDIE. Model pengembangan ini dikembangkan oleh Dick and Carry. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan) (4) Implementation (Penerapan) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan dikelas IV MI Fathul Ulum Sukosewu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji reliabilitas untuk mengetahui instrumen penelitian yang digunakan reliabel, dan uji N-Gain Score untuk mengetahui efektivitas media yang digunakan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Prosedur pengembangan media interaktif berbasis Nearpod ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Media ini telah di validasikan oleh ahli media dengan hasil 88%, ahli materi dengan hasil 90%, dan ahli pembelajaran dengan hasil 82%. Media ini di uji cobakan kepada siswa siswi kelas IV MI Fathul Ulum Sukosewu. (2) Efektivitas media yang digunakan yaitu sebesar 0,61 yang berarti media interaktif berbasis Nearpod ini cukup efektif untuk mengoptimalkan moderasi beragama di MI Fathul Ulum Sukosewu.
Kata Kunci : Media Interaktif, Nearpod, Toleransi
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Nearpod, Toleransi |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ananda Feby Adistya |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 07:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Yulia, Nurul Mahruzah NIDN0722079501 UNSPECIFIED Amreta, Midya Yuli NIDN2130079101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3335 |