PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI KEBERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA BERBASIS NEARPOD UNTUK MENGOPTIMALKAN MODERASI BERAGAMA DI KELAS IV MI FATHUL ULUM SUKOSEWU

Adistya, Ananda Feby (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI KEBERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA BERBASIS NEARPOD UNTUK MENGOPTIMALKAN MODERASI BERAGAMA DI KELAS IV MI FATHUL ULUM SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi pendidikan merupakan bidang ilmu terapan yang menggabungkan secara sinergis beberapa disiplin ilmu dengan maksud untuk memudahkan terjadinya proses belajar, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan mutu pembelajaran. Permasalahan yang sering dihadapi dunia pendidikan adalah siswa cenderung ramai saat diterangkan, siswa gampang merasa bosan dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru, termasuk lemahnya sikap toleransi yang dimiliki siswa saat ini. Siswa masih sering terlibat dalam sebuah pertengkaran dengan masalah yang sepele. Siswa juga kurang bisa menerima pendapat teman yang bertentangan dengannya. Sikap tersebut menunjukkan bahwa kurang adanya sikap toleransi pada diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media interaktif materi keberagaman agama di Indonesia berbasis Nearpod (2) Mendeskripsikan efektivitas pengembangan media interaktif berbasis Nearpod untuk pengotimalan moderasi beragama di MI Fathul Ulum Sukosewu.
Peneliti menggunakan metode Research and Development (RND) dengan model penelitian ADDIE. Model pengembangan ini dikembangkan oleh Dick and Carry. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan) (4) Implementation (Penerapan) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan dikelas IV MI Fathul Ulum Sukosewu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji reliabilitas untuk mengetahui instrumen penelitian yang digunakan reliabel, dan uji N-Gain Score untuk mengetahui efektivitas media yang digunakan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Prosedur pengembangan media interaktif berbasis Nearpod ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Media ini telah di validasikan oleh ahli media dengan hasil 88%, ahli materi dengan hasil 90%, dan ahli pembelajaran dengan hasil 82%. Media ini di uji cobakan kepada siswa siswi kelas IV MI Fathul Ulum Sukosewu. (2) Efektivitas media yang digunakan yaitu sebesar 0,61 yang berarti media interaktif berbasis Nearpod ini cukup efektif untuk mengoptimalkan moderasi beragama di MI Fathul Ulum Sukosewu.
Kata Kunci : Media Interaktif, Nearpod, Toleransi

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Nearpod, Toleransi
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ananda Feby Adistya
Date Deposited: 09 Sep 2023 07:48
Last Modified: 09 Sep 2023 07:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Yulia, Nurul Mahruzah
NIDN0722079501
UNSPECIFIED
Amreta, Midya Yuli
NIDN2130079101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item
View Item