IRCHAM, MOCHAMMAD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN FIKIH FASE E MATERI FIKIH DAN SEJARAH PERKEMBANGANNYA DI MA ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (321kB)
Awalan.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (783kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (421kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Kecanggihan teknologi akan memudahkan proses komunikasi. Dunia pendidikan tidak luput dari canggihnya teknologi. Salah satu cara memanfaatkan teknologi dalam menyajikan materi pembelajaran adalah dengan menggunakan google sites. Dalam penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran google sites pada mata pelajaran Fikih fase E materi fikih dan sejarah perkembangannya di MA Islahiyah Kalitidu Bojonegoro dengan tujuan: 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran google sites pada mata pelajaran fikih fase E materi fikih dan sejarah perkembangannya di MA Islahiyah Kalitidu Bojonegoro; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran gol sites pada mata pelajaran fikih fase E materi fikih dan sejarah perkembangan di MA Islahiyah Kalitidu Bojonegoro; 3) Mengetahui respon peserta didik terhadan penggunaan media pembelajaran google sites pada mata pelajaran fikih fase materi fikih dan sejarah perkembangannya di MA Islahiyah Kalitidu Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D yang terbagi dalam 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Wawancara ditujukan kepada pendidik untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran; Wawancara juga ditujukan kepada peserta didik untuk mengetahui kemenarikan media pembelajaran yang dikembangkan; Angket validasi ditujukan kepada validator materi dan validator media untuk mengatahui kelayakan produk yang dikembangkan; Angket respon ditujukan kepada peserta didik untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media pembelajaran ini berisi menu presensi, materi, dan evaluasi yang simpel dan mudah digunakan; 2) Media pembelajaran masuk dalam kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan perolehan skor rata-rata 88% dan hasil validasi ahli media dengan perolehan skor rata-rata 81%; 3) Media pembelajaran masuk dalam kategori sangat menarik berdasarkan hasil angket respon peserta didik dengan perolehan skor rata- rata 88% serta wawancara terkait respon yang diberikan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fikih, Google Sites, Media Digital |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOCHAMMAD IRCHAM |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 03:04 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 Thesis advisor SILFIYAH, KHOIROTUS NIDN2119049201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3194 |