SHOFIA, MIA (2023) PENGEMBANGAN BAHANAJAR E-HANDOUT MATERI HAID KELAS IV UNTUKMEMBEKALKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI TANDA-TANDA BALIGH DI MI AL-KHOIRIYAH BULUNG NGURUAN SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (260kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (812kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (913kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (377kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (597kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Bahan ajar adalah bahan pembelajaran ntuk meningatkan pemahaman siswa. E-Handout adalah bahan pembelajaran yang sangat ringkas. Bahan ajar ini bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada peserta didik. Bahan ajar ini diberikan kepada peserta didik guna memudahkan mereka saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar ini tentunya bukanlah suatu bahan ajar yang mahal, melainkan ekonomis dan praktis
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran e-handout materi haid kelas 4 untuk membekalkan pemahaman siswa mengenai tanda-tanda baligh di MI Al-Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran e-handout materi haid kelas 4 untuk membekalkan pemahaman siswa mengenai tanda-tanda baligh di MI Al-Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti menggunakan tahapan-tahapan pengembangan yang dilakukan dalam model penelitian ini mencakup pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba luas.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran e-handout materi haid dikategorikan valid, sangat menarik, dan efektif. Produk masuk kategori valid karena berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 80%, validasi ahli media mendapatkan skor 77%, dan validasi ahli bahasa mendapatkan skor 76%. Produk masuk kategori sangat menarik karena berdasarkan penyebaran angket pada uji coba terbatas mendapatkan skor rata-rata 82%, dan pada uji coba luas diperoleh skor rata-rata 90%. Proses pengembangan dan hasi media pembelajaran E-Handout materi haid Kelas 4 Untuk membekalkan pemahaman siswa mengenai tanda-tanda baligh di MI Al-Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban sesuai dengan tahap-tahap pengembangan serta memperoleh hasil pengembangan valid dan sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar E-Handout, Pemahaman siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mia Shofia |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 05:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 05:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROFI'AH, FIRDA ZAKIYATUR NIDN2106089303 Thesis advisor YULIA, NURULMAHRUZAH NIDN0722079501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3104 |