PENGEMBANGAN BAHANAJAR E-HANDOUT MATERI HAID KELAS IV UNTUKMEMBEKALKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI TANDA-TANDA BALIGH DI MI AL-KHOIRIYAH BULUNG NGURUAN SOKO TUBAN

SHOFIA, MIA (2023) PENGEMBANGAN BAHANAJAR E-HANDOUT MATERI HAID KELAS IV UNTUKMEMBEKALKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI TANDA-TANDA BALIGH DI MI AL-KHOIRIYAH BULUNG NGURUAN SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (812kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar adalah bahan pembelajaran ntuk meningatkan pemahaman siswa. E-Handout adalah bahan pembelajaran yang sangat ringkas. Bahan ajar ini bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada peserta didik. Bahan ajar ini diberikan kepada peserta didik guna memudahkan mereka saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar ini tentunya bukanlah suatu bahan ajar yang mahal, melainkan ekonomis dan praktis
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran e-handout materi haid kelas 4 untuk membekalkan pemahaman siswa mengenai tanda-tanda baligh di MI Al-Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran e-handout materi haid kelas 4 untuk membekalkan pemahaman siswa mengenai tanda-tanda baligh di MI Al-Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti menggunakan tahapan-tahapan pengembangan yang dilakukan dalam model penelitian ini mencakup pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba luas.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran e-handout materi haid dikategorikan valid, sangat menarik, dan efektif. Produk masuk kategori valid karena berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 80%, validasi ahli media mendapatkan skor 77%, dan validasi ahli bahasa mendapatkan skor 76%. Produk masuk kategori sangat menarik karena berdasarkan penyebaran angket pada uji coba terbatas mendapatkan skor rata-rata 82%, dan pada uji coba luas diperoleh skor rata-rata 90%. Proses pengembangan dan hasi media pembelajaran E-Handout materi haid Kelas 4 Untuk membekalkan pemahaman siswa mengenai tanda-tanda baligh di MI Al-Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban sesuai dengan tahap-tahap pengembangan serta memperoleh hasil pengembangan valid dan sangat menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar E-Handout, Pemahaman siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mia Shofia
Date Deposited: 09 Sep 2023 05:43
Last Modified: 09 Sep 2023 05:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROFI'AH, FIRDA ZAKIYATUR
NIDN2106089303
Thesis advisor
YULIA, NURULMAHRUZAH
NIDN0722079501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item
View Item